Senin 27 Dec 2021 11:44 WIB

Telur Ayam Tembus Rp 30 Ribu per Kg, Ini Penjelasan Kemendag

Kenaikan harga telur didorong kenaikan harga pakan dan tingginya permintaan.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/Lilis Sri Handayani/ Red: Friska Yolandha
Pedagang menata telur ayam negeri di kios telur Lempuyangan, Yogyakarta, Jumat (26/11). Harga telur ayam ras sejak pekan lalu mulai melambung tinggi hingga di atas dari Rp 30 ribu per kilogram (kg).
Foto:

Harga telur ayam di Cirebon saat ini terus mengalami kenaikan. Sejumlah agen telur bahkan sulit memperoleh pasokan telur dari peternak.

Salah seorang agen telur dari Kabupaten Cirebon, Syahri Romdhon, mengatakan, sulitnya memperoleh pasokan telur dari peternak itu terjadi sejak awal Desember 2021. Menurut dia, para agen telur harus memesan terlebih dulu kepada peternak.

Aray mencontohkan, jika memesan telur pada Senin, pesanan telur itu baru bisa diperolehnya pada Kamis. Padahal biasanya telur dari peternak bisa langsung didapatkannya tanpa harus menunggu berhari-hari.

"Sekarang jumlahnya pun dibatasi," kata Aray.

Aray menjelaskan, para peternak saat ini harus membagi stok telur yang ada dengan agen-agen lainnya. Karena itu, setiap agen tidak bisa mendapatkan pasokan telur sesuai keinginan mereka.

Baca juga : Harga Telur di Ponorogo Tembus Rp 27.000 Per Kg, Pedagang Menduga karena Bansos

Menurut Aray, kondisi itu terjadi sejak adanya bantuan pangan nontunai, di mana salah satu komoditas utamanya adalah telur. Dia menyatakan, telur yang ada di peternak banyak terserap untuk memenuhi kebutuhan bantuan pangan tersebut hingga akhirnya harga telur menjadi naik.

Aray menyebutkan, harga telur ayam di tingkat peternak bahkan sudah mencapai Rp 28 ribu-Rp 29 ribu per kilogram. Harga itu dipastikan akan lebih tinggi lagi setelah sampai di tingkat konsumen.

Salah seorang pedagang kelontong di Pasar Pagi Kota Cirebon, Rohman, menyebutkan, harga telur ayam yang dijualnya saat ini senilai Rp 28 ribu per kilogram. Telur itu diperolehnya dari agen beberapa hari yang lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement