Jumat 26 Nov 2021 14:42 WIB

Desa Binaan Astra Siap Ekspor Kopi ke Belanda

Desa Muncar di Temanggung bersiap mengekspor produk biji kopi robusta ke Belanda

Rep: Febryan. A/ Red: Gita Amanda
Pekerja menunjukkan biji kopi robusta setelah proses penyangraian, (ilustrasi).
Foto:

Desa Muncar tidak hanya memiliki kopi sebagai salah satu ikon, tetapi juga memiliki potensi wisata alam. Wisata alam ini memadukan desa wisata perkebunan berbasis kopi dan konsep agrowisata budaya.

Objek wisatanya yang paling ikonik tentu Jembatan Sawah. "Para penduduk dan fasilitator juga mulai mengelola berbagai sumber daya alam seperti Curug Lawe yang terkenal dengan hutan tropisnya dan Lembah Blawong, tempat yang tepat untuk menikmati matahari pagi sembari memandang gunung-gunung yang berjajar dengan rapi,” ujar Sofi.

Untuk diketahui, Desa Muncar merupakan satu dari 14 desa yang dibina Astra melalui program Desa Sejahtera Astra (DSA). Jumlah masyarakat yang terpapar program DSA hingga tahun ini mencapai 5.500 orang. Penyerapan tenaga kerja tahun 2021 juga meningkat menjadi 80 orang, dari semula hanya 20 orang pada tahun 2018.

Desa Sejahtera Astra ini merupakan kontribusi sosial berkelanjutan yang berfokus pada pemberdayaan kewirausahaan di tingkat desa sesuai potensi desa masing-masing. Warga desa diberikan pendampingan, mulai dari pelatihan, bantuan prasarana, hingga fasilitas modal dan pemasaran produk," kata Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk, Boy Kelana Subroto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement