Kamis 28 Oct 2021 17:13 WIB

Menangkap Peluang Bisnis Kuliner di Ruang Digital

Saat ini aplikasi Gojek telah diunduh lebih dari 190 juta kali per Juni 2021.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
Pedagang melayani konsumen membeli makanan di Wisata Kuliner Minggon Jatinan, Kabupaten Batang, Ahad (24/10). Pandemi Covid-19 membuat pelaku usaha kuliner harus bisa menangkap peluang bisnis di ruang digital.
Foto:

Jeli Melihat Peluang Digital

Pemilik usaha Pizza Vetran di kawasan Depok, Rita Siti Nurzannah (48 tahun) menjadi salah seorang pelaku UMKM yang jeli melihat peluang digital. Sejak memulai bisnisnya pada 5 Juni 2017, Rita juga menjadi salah satu pelaku UMKM yang harus melawan terpaan pandemi Covid-19.

Rita bahkan harus mengalami kisah pilu karena kehilangan suaminya yang menjadi motor usahanya. "Awal 2021 dimulai dengan suami saya jatuh sakit, tak lama setelah itu suami menghembuskan nafas terakhir. Penjualan Pizza Vetran mengalami penurunan sangat drastis," kata Rita kepada Republika.co.id, Kamis (28/10).

Di tengah kondisi pandemi yang berat untuk menjalankan usahanya, Rita juga harus menghadapi cobaan lainnya. Rita mengakui dirinya sempat bingung untuk memulai dari mana untuk melanjutkan bisnisnya saat kala itu angka Covid-19 juga masih tinggi.

Rita menuturkan, dari masa sulit tersebut pelan-pelan Pizza Vetran bangkit. Memaksimalkan ekosistem Gojek pun terus dilakukan dalam penjualan produknya, Rita pun melakukan inovasi untuk menjual produk frozen food.

Sebab sejak tahun pertama pandemi pada 2020, Rita sudah menuai hasil manis setelah memanfaatkan ekosistem Gojek dan membuat sejumlah promo. "Kami mendapatkan penghargaan dari GoFood saat pandemi tahun pertama," tutur Rita.

Kini Rita mengharapkan setelah memanfaatkan ruang digital, pemerintah juga bisa menggaungkan produk dalam negeri. Khususnya produk yang selama ini dijual oleh pelaku UMKM.

"Jika semakin didukung, secara langsung pemerintah bisa membantu dalam hal pemasarannya," ungkap Rita.

Pengusaha Pemula Terus Tumbuh

Tak hanya pelaku UMKM lama saja yang pada akhirnya memanfaatkan digitalisasi. Pengusaha pemula pun ternyata terus tumbuh di tengah pandemi Covid-19.

Masih dalam riset yang sama, Peneliti LD FEB UI Alfindra Primaldhi mengatakan jumlah pengusaha pemula yang memanfaatkan GoFood meningkat selama masa pandemi hingga 47 persen. "Empat dari lima UMKM percaya GoFood mendorong pertumbuhan usaha," kata Alfindra.

Dalam riset tersebut, para UMKM merasakan sejumlah manfaat utama dari kemitraannya dengan GoFood. Manfaat tersebut yaitu kesempatan promosi GoFood, perluasan akses pasar, kemudahan pengelolaan operasional melalui aplikasi GoBiz, hingga pelatihan kewirausahaan.

Tak hanya itu, hampir 44 persen....

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement