Rabu 22 Sep 2021 14:51 WIB

Siap Bersaing Global, MIND ID Kembangkan SDM Masa Depan

Sejak 2019 MIND ID selenggarakan dua program SDM yaitu SLDP dan ELDP

Sejak 2019 MIND ID selenggarakan dua program yang akan cetak SDM mampu bersaing di ranah global, yaitu SLDP dan ELDP
Foto:

Ogi pun menceritakan SDM bertalenta ini tak jarang mulanya kurang percaya diri atas potensinya. Namun, setelah melalui program ini kepercayaan diri mereka meningkat karena wawasan dan pengalamannya bertambah setelah melakukan studi banding dan pengasahan talenta.

Program ini kata Ogi sudah berjalan dan sudah menghasilkan individu yang mumpuni untuk menjadi calon pemimpin masa depan MIND ID."Hasilnya cukup terbukti. Dari SLDP, ada yang sudah jadi direksi di ANTAM dan TIMAH.Beberapa lulusan program SLDP sekarang sedang menjalankan anak usaha dan cucu usaha di Grup MIND ID. Mereka wawasannya sudah lengkap. Aspek teknikal, manajerial dan juga soft skill" ujar Ogi.

Sedangkan program lainnya adalah Emerging Leader Development Program (ELDP). Program ini dikhususkan bagi individu yang berada di posisi dua tingkat di bawah direksi. Dalam satu periode, MIND ID memberikan kesempatan bagi 25 karyawan yang bisa ditingkatkan kemampuannya untuk menjadi direksi di masa depan.

"ELDP lebih banyak ditujukan kepada milenial. Tak hanya bagi mereka yang bekerja di kantor saja,tetapi juga para operator dan penanggung jawab di wilayah operasional pertambangan" ujar Ogi.

Program ELDP ini berdurasi selama satu tahun. Sembari melakukan pekerjaan sesuaijob description mereka saat ini, peserta ELDP wajib mengikuti kelas secara online untuk program pengayaan kemampuan. Nantinya, setelah kelas peningkatan soft skill, peserta akan ditempatkan di perusahaan multinasional selama tiga bulan.

"Tidak hanya dikelas tapi ada action learning project. Para peserta ELDP, selama tiga bulan di perusahaan global akan belajar bagimana menjalankan perusahaan," ujar Ogi.

Peserta yang berada di wilayah remote sekalipun memiliki kesempatan yang sama. Mereka wajib mengikuti kelas secara online dan belajar melalui model yang ada di dalam sebuah platform pengembangan SDM bernama EMS.

 

Ogi berharap melalui dua program internal development ini MIND ID kedepan punya talenta yang siap untuk membawa perusahaan lebih maju kedepannya. Tak hanya cakap dalam satu bidang namun individu yang mengikuti dua program akselerasi ini bisa menjadi talenta yang menguasai banyak bidang. Dua program ini akan terus dilaksanakan oleh MIND ID.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement