Selasa 17 Aug 2021 12:52 WIB

Memilih Reksa Dana Saham Kala Momentum Pemulihan Ekonomi

Pakar ingatkan nasabah memilih manajer investasi terpercaya kelola reksa dana saham

Rep: Retno Wulandhari / Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Reksa dana/ilustrasi.Menilik peluang potensi pemulihan ekonomi lebih lanjut di tengah program vaksinasi yang terus dipercepat, reksa dana saham dapat menjadi pilihan di periode yang sesuai sebagai entry point seperti saat ini, terutama bagi investor jangka panjang dan atau berprofil agresif.
Foto:

Salah satu perusahaan pemeringkat yang terpercaya adalah Morningstar Rating. Perusahaan pemeringkat global ini memberikan rating bintang 1-5 terhadap produk dengan usia minimal 3 tahun yang telah melalui proses perhitungan berdasarkan Morningstar Risk-Adjusted Return yang meliputi kinerja bulanan produk dan konsistensi kinerja produk. 

Walaupun tidak selalu harus digunakan, rating tersebut dapat melengkapi pertimbangan dalam memilih reksa dana. Sebagai contoh, reksa dana Manulife Saham Andalan (MSA) dan Manulife Greater Indonesia Fund (MGIF) memperoleh rating bintang 5 dari Morningstar Rating pada Juni 2021.  

Reksa dana MSA memiliki imbal hasil sebesar 27,43 persen YTD per Juli 2021, jauh di atas tolok ukurnya yaitu IDX80 yang tumbuh negatif 12,25 persen.  Sedangkan reksa dana MGIF memberikan imbal hasil 24,22 persen YTD per Juli 2021, melebihi tolak ukurnya yaitu IDX80 dalam dolar AS yang juga tumbuh negatif 14,78 persen.

 

Di tengah potensi pertumbuhan perekonomian Indonesia yang positif, peluang investasi pada reksa dana saham dapat dimanfaatkan oleh masyarakat investor yang forward looking, mencermati risiko saat ini namun pada saat yang sama juga menangkap peluang jangka panjang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement