Kamis 01 Jul 2021 03:20 WIB

Wamendag Prediksi Kinerja Perdagangan Dunia Terus Membaik

Kemendag bertekad menyelesaikan perjanjian-perjanjian ekonomi dan perdagangan.

Rep: Novita Intan / Red: Satria K Yudha
Pekerja melakukan aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Batuampar, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (3/2/2021).
Foto: Teguh Prihatna/ANTARA
Pekerja melakukan aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Batuampar, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (3/2/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menilai kondisi ekonomi dan perdagangan internasional sedang berada pada tahap konsolidasi. Ia pun memprediksi kinerja perdagangan dunia akan terus membaik. 

Jerry mengatakan, surplus neraca perdagangan Indonesia terus berlanjut hingga Mei 2021yang sebesar 2,36 miliar dolar AS. Adapun sepanjang Januari-Mei, surplus tercatat sebesar 10,17 miliar dolar AS. 

Menurut Wamendag, capaian ini patut disyukuri. Ia pun mengapresiasi kerja keras jajaran Kemendag, kementerian lain, dan seluruh pelaku usaha. “Ini adalah prestasi dari pelaku usaha yang difasilitasi oleh Kemendag bersama kementerian dan lembaga lain. Mudah-mudahan ke depan kolaborasi ini bisa ditingkatkan,” kata Jerry dalam keterangannya, Rabu (30/6).

Menurut dia, ada dua hal utama yang akan menjadi pemacu terus meningkatkan kinerja perdagangan global. Kedua hal itu adalah vaksinasi Covid-19 dan upaya adaptasi kehidupan sosial. 

Vvaksinasi massal di berbagai negara tujuan ekspor memberikan potensi bagi pengembangan perdagangan di masa depan. Mudah-mudahan tingkat imunitas masyarakat dunia makin baik, sehingga ekonomi kembali pulih.” katanya. 

Selain vaksinasi, Jerry melihat bahwa adaptasi yang terjadi juga berada pada jalur yang positif. Menurutnya, standar-standar kesehatan baru dalam kehidupan sosial sudah mulai menjadi pola pikir bersama. Dengan begitu, ekonomi tetap bisa berjalan di tengah upaya mencapai kesehatan publik.

Selain melihat kondisi negara lain, Wamendag juga optimistis dengan upaya Presiden Joko Widodo yang tengah menggenjot vaksinasi massal. Menurutnya, apabila kekebalan kelompok dapat tercapai, maka gairah ekonomi nasional akan meningkat. Oleh karena itu, ia berharap semua pihak mendukung upaya pemerintah agar pandemi Covid-19 bisa segera diatasi. 

Jerry mengatakan, Kemendag akan terus mengupayakan peningkatan ekspor nasional terus berlanjut. Selain upaya pembinaan di tingkat produsen dan eksportir, Kemendag bekerja keras menyelesaikan perjanjian-perjanjian ekonomi dan perdagangan, baik bilateral maupun multilateral.

Jerry dalam acara seminat ekspor yang diadakan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Asia-Oceania belum lama ini, juga mendorong para pelajar Indonesia di luar negeri menjadi entrepreneur untuk memperkuat struktur ekonomi Indonesia. Mereka diharapkan menjadi pendorong transformasi ekonomi Indonesia dengan banyak menghasilkan produk barang dan jasa dengan nilai tambah tinggi.

“Sesuai dengan visi Presiden Jokowi, kami berharap anak-anak muda ini bisa menggerakkan ekonomi di sektor kreatif dan berteknologi tinggi. Ini bisa dilakukan bukan hanya di sektor manufaktur tetapi juga di sektor pertanian, kemaritiman dan lain-lain," katanya. 

Selain itu, kata dia, penting bagi para pelajar untuk bisa menjadi duta produk barang dan jasa Indonesia di luar negeri. "Bangga dan memakai buatan bangsa adalah sebuah keharusan." 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement