Ahad 27 Jun 2021 14:05 WIB

Tingkatkan Penyediaan Pangan Nasional Lewat Food Estate

Realisasi kegiatan pelaksanaan Program Food Estate Kalteng sementara 32,89 persen

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Gita Amanda
Foto udara lahan rawa yang tertanam padi jenis Inpari 42 di areal
Foto:

Pembangunan pintu air pada DIR Dadahup ini termasuk dalam rencana fokus pengembangan Kawasan Food Estate tahun 2021 hingga 2022 pada Blok A seluas 43.503 ha. Monitoring lapangan Program Food Estate Provinsi Kalimantan Tengah selanjutnya dilakukan dengan mengunjungi Belanti Siam, Kabupaten Pulang Pisau, yang terletak dalam Blok D, AOI Food Estate.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau Slamet Untung Riyanto, pada kesempatan itu turut menyampaikan, optimalisasi pertanian Belanti Siam masih membutuhkan penguatan koordinasi antara Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat, petani, hingga stakeholders. Selanjutnya disampaikan pula kerja sama yang telah dilakukan dalam penerapan teknologi pertanian dalam upaya percepatan pengelolaan lahan.

Rangkaian kegiatan juga dengan melakukan kunjungan lapangan ke Blok A5, DIR Dadahup, Kabupaten Kapuas. Kondisi rehabilitasi jaringan irigasi telah mencapai lebih dari 90 persen, progres rehabilitasi ini telah berhasil mengurangi dampak pasang surut DIR Dadahup yang sebelumnya mengakibatkan rendaman lahan pertanian sekitar.

Pelaksanaan konstruksi pintu air direncanakan selesai pada 2021. Nantinya memiliki fungsi utama sebagai pembentukan jaringan irigasi tertutup dan lebih terkendali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement