Selasa 01 Jun 2021 20:37 WIB

Kemendag Teken Kerja Sama Pemberdayaan UMKM di DKI Jakarta

Ini merupakan upaya Kemendag mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Fuji Pratiwi
Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan (kiri). Kementerian Perdagangan kembali menandatangani perjanjian kerja sama untuk mendorong pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
Foto: Republika/Adinda Pryanka
Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan (kiri). Kementerian Perdagangan kembali menandatangani perjanjian kerja sama untuk mendorong pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perdagangan kembali menandatangani perjanjian kerja sama untuk mendorong pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan grup perhotelan Accor (PT AAPC Indonesia), Bank Negara Indonesia (BNI), dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan mengatakan, kerja sama ini merupakan salah satu upaya Kemendag mendukung pemulihan ekonomi nasional. Kemendag bersama dengan mitra mengambil inisiatif dalam mendorong kemitraan UMKM.

Baca Juga

"Kemitraan dengan kementerian/lembaga, BUMN, atau pemerintah daerah tersebut diharapkan dapat memacu penyerapan hasil produksi UMKM," kata Oke dalam siaran pers, Selasa (1/6).

Penandatanganan perjanjian kerja sama dilakukan Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri (P3DN) Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Ida Rustini; Plt. Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah DKI Jakarta Andri Yansyah; pimpinan kantor wilayah 10 BNI Eko Setiawan; dan Senior Vice President Operations and Government Relations Accor (PT AAPC Indonesia) Adi Satria. Penandatanganan turut disaksikan Dadang Solihin Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta yang mewakili Gubernur DKI Jakarta.

 

Oke menambahkan, langkah konkret Kemendag dalam mendorong kemitraan dan mendukung UMKM diwujudkan melalui penandatanganan perjanjian kerja sama pengembangan pemberdayaan UMKM di sektor perdagangan melalui pemanfaatan fasilitas perhotelan, jasa akomodasi dan dukungan, serta penyediaan layanan perbankan. Kerja sama meliputi penyediaan informasi dan pembinaan UMKM di Provinsi DKI Jakarta, penggunaan produk UMKM di jaringan hotel Accor, serta akses terhadap pembiayaan modal usaha UMKM oleh BNI.

Perjanjian kerja sama ini merupakan bentuk nyata komitmen Kemendag dalam merealisasikan mandat Presiden RI Joko Widodo yang telah mencanangkan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) pada 5 Mei 2020 untuk mendorong peningkatan konsumsi produk dalam negeri, khususnya produk UMKM. "Kami optimistis, kemitraan ini dapat menjadi best practice dan mendorong pelaku UMKM lainnya untuk terus berinovasi dan berkreasi dalam memenuhi kebutuhan pasar terutama untuk mendukung BBI," kata dia.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement