Senin 24 May 2021 10:48 WIB

Program Sikomandan Dongkrak Keberhasilan Inseminasi Buatan

Capaian akseptor dan IB per 6 Mei 2021 mencapai 36,73 persen dari 34 provinsi

Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) pada 2020 disempurnakan menjadi kegiatan Sikomandan (Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri), dengan tingkat keberhasilan IB juga turut merangkak naik.
Foto:

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) juga mengatakan bahwa upaya peningkatan populasi sapi dan kerbau lokal melalui Sikomandan merupakan salah satu bagian komitmen pemerintah untuk mengurangi dominasi impor daging sapi dan kerbau di Indonesia. “Salah satu upaya menggenjot dan meningkatkan populasi sapi lokal adalah melalui optimalisasi program inseminasi buatan secara massal yang telah dilakukan dari tahun 2017 hingga kini,” ungkapnya.

SYL berharap dalam beberapa tahun ke depan produksi ternak sapi dan kerbau dalam negeri terus mengalami peningkatan, sejalan dengan keberhasilan Sikomandan.

Program Sikomandan merupakan lanjutan dari program UPSUS SIWAB yang sudah berjalan sejak tahun 2017 sampai dengan 2019, dan setelah 2020 menjadi Sikomandan. Program ini didasari oleh keinginan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan daging dalam negeri dengan merangkul usaha peternakan rakyat, selain untuk mengurangi pasokan impor secara bertahap.

Terlebih, sapi potong dan kerbau merupakan salah satu sumber protein hewani yang sangat diminati masyarakat yang sebagian besar diusahakan dalam skala kecil atau sebagai usaha sambilan. Sistem peternakan rakyat sebagai usaha yang terintegrasi dalam sistem usaha tani di pedesaan, mampu menjadi penopang ekonomi keluarga.

Dengan banyaknya peternak yang terlibat pada usaha peternakan, diharapkan kondisi tersebut dapat mempercepat pertumbuhan populasi disamping menumbuhkan ekonomi kerakyatan terutama di pedesaan. Usaha peternakan juga akan mendorong tumbuhnya kegiatan ekonomi hulu dalam penyediaan input produksi dan ekonomi hilir dalam kegiatan distribusi, pemasaran, pengolahan hasil dan jasa keuangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement