Senin 19 Apr 2021 22:32 WIB

Pemerintah Harus Kembangkan Sistem Peternakan Berkualitas

Pembelian peternakan sapi di luar negeri merupakan solusi jangka pendek

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
Peternakan sapi (ilustrasi). Anggota Komisi VI DPR RI Amin Ak menilai, pembelian peternakan sapi di luar negeri merupakan solusi jangka pendek pemenuhan kebutuhan akibat tidak terpenuhinya pasokan daging sapi dalam negeri.
Foto:

Dengan kualitas sapi lokal saat ini, ungkap Amin, ternyata jumlah tersebut hanya mampu memasok sekitar 400 ribu ton daging. Dengan kebutuhan daging sapi nasional mencapai 700 ribu ton, maka dibutuhkan tambahan 1,7 juta ekor sapi siap potong setiap tahun. "Sebagai solusi jangka pendek, rencana Menteri Erick cukup realistis," ucap Amin.

Oleh karenanya, Amin mendesak pemerintah membuat roadmap pemenuhan daging sapi nasional dengan cara swasembada. Kementerian terkait harus duduk bersama dan bersinergi agar roadmap tersebut bisa berjalan dengan baik.

Menurut Amin, yang harus dilakukan adalah menyiapkan lokasi dan lahan yang tepat dan mencukupi untuk pengembangan peternakan dengan konsep food estate. Di Australia, sapi tumbuh di hamparan padang rumput yang luas sehingga biaya produksinya jauh lebih efisien. Dengan kebutuhan daging sekitar 700 ribu ton maka dibutuhkan minimal 5 juta ekor sapi siap potong  dengan kualitas tinggi.

"Jadi untuk jangka panjang ada empat hal yang harus disiapkan untuk mencapai swasembada daging yaitu lahan peternakan yang cukup, bibit unggul, sistem peternakan yang efisien, juga sistem logistik atau distribusi yang efisien," kata Amin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement