Rabu 14 Apr 2021 15:29 WIB

Pakar Komunikasi: Masyarakat Harus Paham Tugas Kementan

Kementan satu kementerian yang memiliki tugas khusus meningkatkan produksi petani

Kementan adalah satu kementerian yang memiliki tugas khusus pada meningkatkan produksi dan kesejahteraan petani. (ilustrasi).
Foto:

Hendri menyayangkannya karena selama ini publik hanya membaca kinerja Kementan dari pemberitaan dan informasi yang tengah viral. Padahal seharusnya, kinerja Kementan dilihat dari sisi kemampuan menyediakan pangan dan sisi kemampuan dalam menghadirkan kesejahteraan.

"Nah yang terjadi sekarang ini kan publik gak paham tentang naiknya kesejahteraan petani. Sebab yang mereka baca hanya dari pemberitaan dan hal hal yang viral di media sosial. Jadi begitu ada yang viral mereka taunya wah, jangan-jangan petaninya gak sejahtera," katanya.

Terkait hal ini, Hendri menambahkan bahwa publik harus mulai berpikir dan mau belajar tentang aturan main yang dipegang oleh satu Kementerian dan kementerian lain. Penilaian tentang memuaskan atau tidak harusnya bisa proporsional dengan menyertakan data dari lembaga negara.

"Saya sih begini, yang dilihat masyarakat tentang kinerja Kementan itu kan ada dua. Pertama ketersediaan dan kedua kesejahteraan. Namun saya melihat ke depan dari sisi kominikasi perlu ditingkatkan lagi, sehingga masyarakat lebih paham tugas tugas dari Kementan. Misalnya ada viral petani mengeluh harga gabah, mungkin disitu sebetulnya disitu ada peran dari kementerian perdagangan," tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement