Rabu 14 Apr 2021 10:30 WIB

Kisruh Alibaba Akhiri Zaman Keemasan Raksasa Teknologi China

Regulator China mengenakan denda 2,8 miliar dolar AS pada Alibaba Group.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nidia Zuraya
 Kantor pusat Alibaba di Shanghai, Cina,
Foto:

Pada awal dekade terakhir, wirausahawan visioner seperti Jack Ma dan salah satu pendiri Tencent, Pony Ma menciptakan kerajaan multi-miliar dolar dengan meningkatkan bisnis dari ritel hingga komunikasi, meningkatkan kehidupan ratusan juta dan melayani sebagai panutan bagi generasi muda yang semakin makmur.

Tetapi peluang besar yang dibarengi dengan pertumbuhan pesat selama bertahun-tahun juga menumbuhkan mentalitas pemenang dan "mengambil semua tanah" yang membuat Partai Komunis ketakutan.

Regulator menjadi khawatir karena perusahaan seperti Alibaba dan Tencent secara agresif menjaga dan memperluas parit mereka, menggunakan data untuk menekan saingan atau memaksa pedagang dan penerbit konten ke dalam pengaturan eksklusif.

Pengaruh mereka yang semakin besar atas setiap aspek kehidupan China menjadi lebih jelas saat mereka menjadi saluran di mana 1,3 miliar orang di negara itu membeli dan membayar untuk berbagai hal. Menyerahkan sejumlah besar data tentang perilaku belanja.

Yang paling utama di antara mereka adalah Alibaba dan Tencent, yang menjadi raja industri dengan menginvestasikan miliaran dolar ke ratusan perusahaan rintisan.

Serangkaian tindakan regulasi yang belum pernah terjadi sebelumnya sejak merangkum bagaimana Beijing sekarang berniat mengekang raksasa internet dan fintechnya, kampanye luas yang menghapus sekitar 200 miliar dolar AS dari penilaian Alibaba sejak Oktober 2021. Penyerahan cepat raksasa e-niaga itu setelah penyelidikan selama empat bulan menggarisbawahi kerentanannya terhadap tindakan regulasi lebih lanjut.

Raksasa korporasi China dari Tencent hingga Meituan berada di posisi berikutnya karena mereka adalah pemain dominan di bidangnya masing-masing. Regulator dapat fokus pada praktik sejarah eksklusivitas paksa raksasa pengiriman Meituan, terutama karena meluas ke area yang sedang berkembang seperti e-commerce komunitas, sambil menyelidiki layanan game dominan Tencent dan apakah platform perpesanannya WeChat mengecualikan pesaing, kata analis Credit Suisse, Kenneth Fong dan Ashley Xu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement