Senin 15 Mar 2021 13:26 WIB

Krakatau Steel Tembus Pasar Eropa

Krakatau Steel melakukan ekspor baja HRC sebanyak 20 ribu ton.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nidia Zuraya
Logo baru PT Krakatau Steel (Persero) Tbk
Foto:

Selain itu produk pipa baja Krakatau Steel juga sangat strategis dalam hal infrastruktur di sektor minyak dan gas. sejak 2019, Krakatau Steel bersama anak usaha sudah menyuplai kebutuhan baja untuk API Series sekitar 120 ribu MT.  Sedangkan untuk kebutuhan Pipa migas, anak usaha PT KHI telah memasok sebanyak 23.349 ton pada 2019 dan 36.149 ton pada 2020. 

Silmy optimistis KRAS mampu memenuhi permintaan baja domestik karena sudah mampu bersaing dengan produk baja impor, dengan catatan tidak ada unfair trade. Bahkan KRAS dan anak perusahaan telah berhasil melakukan pengiriman ekspor ke beberapa negara.

"Hal ini membuktikan bahwa produk kami dapat diterima dengan baik di pasar global maupun domestik dengan harga yang kompetitif," kata Silmy. 

Produk baja impor terutama produk baja dari Cina mendapatkan banyak keringanan dari negaranya untuk bisa sampai ke Indonesia. Subsidi dari pemerintah China untuk tax rebate sangat mempengaruhi dalam penurunan harga impor baja. Untuk itu, menurut Silmy, diperlukan upaya-upaya penguatan pasar dalam negeri.

Krakatau Steel mengapresiasi pemerintah yang sudah mampu menekan derasnya produk baja impor masuk ke Indonesia hingga 34 persen pada 2020. Produk baja domestik pun kini semakin kompetitif dan perseroan dapat meningkatkan kinerja dengan menggenjot volume penjualan.

"Semangat Bapak Presiden untuk menolak penggunaan produk impor pun kami dukung dengan bersama-sama mengoptimalkan P3DN (Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri) dan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) untuk kebutuhan industri nasional," pungkas Silmy. 

Pada 2020, Krakatau Steel mampu menurunkan biaya operasional hingga 41 persen. Terlebih dengan sudah mulai diterapkannya harga gas industri sebesar USD6 per MMBTU yang juga membuat biaya produksi menjadi lebih efisien. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement