Kamis 04 Mar 2021 14:11 WIB

Said Aqil Diminta Fokus Tingkatkan Bisnis KAI yang Terpuruk

Pembatasan pergerakan masyarakat menyebabkan penurunan kinerja KAI.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Friska Yolandha
Suasana gate keberangkatan yang terlihat sepi di Stasiun Pasar Senen di Jakarta, Senin (22/2). Said Aqil Siroj ditunjuk sebagai Komisaris Utama (Komut) PT Kereta Api Indonesia (KAI) oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.
Foto:

Menurutnya ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kinerja PT KAI, diantaranya dengan melakukan efisiensi perjalanan dengan selektif memilih jadwal dan rute perjalanan yang ramai. Selain itu, PT KAI juga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi terhadap keamanan dan kenyamanan penumpang dengan pemberlakuan protokol kesehatan Covid-19 yang cepat dan terjangkau.

Kemudian ia juga memperhatikan bahwa selama ini masih terjadi antrian yang membuat tidak nyaman bagi penumpang dan mengkhawatirkan timbulnya penularan Covid-19. Selain itu daya tarik lainnya yang bisa dilakukan KAI adalah dengan memberikan promosi harga/discount terutama untuk penumpang yang merupakan keluarga lebih dari 3-4 orang. 

"Paket diskon keluarga atau melakukan kerja sama dengan destinasi wisata dan penginapan/hotel sebagai satu paket dalam perjalanan, kerjasama dengan asosiasi hotel dan tempat pariwisata. Tentunya yang sudah disertifikasi pelaksanaan prokes Covid-19 yang aman, nyaman, dan sehat," tuturnya.

 

Kemudian dari sisi angkutan barang, PT KAI juga dapat melakukan promosi agar dapat meningkatkan pendapatan melalui kereta angkutan barang. Sebab menurutnya selama ini pendapatan kereta angkutan barang didominasi oleh angkutan batubara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement