Sabtu 27 Apr 2024 23:27 WIB

Otorita IKN Jaring Investor di Hannover Messe 2024

Otorita IKN terus membuka peluang investasi.

Pameran pembangunan IKN Nusantara (ilustrasi).
Foto: Republika/Prayogi
Pameran pembangunan IKN Nusantara (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) terus membuka peluang investasi dengan menjaring sejumlah investor di perhelatan pameran Industri global Hannover Messe 2024 di Jerman, untuk melakukan kerja sama dalam pengembangan Nusantara.

Sekretaris Otorita IKN Achmad Jaka Santos Adiwijaya dalam keterangan di Jakarta, Jumat, mengatakan, pada hari ketiga di Hannover Messe 2024, pihaknya telah melakukan penandatanganan Letter of Intent (LoI) dengan Solinatra – PT ATMI IGI Center of Excellence, yang merupakan kerja sama antara Solinatra Group B.V. dengan PT ATMI IGI, di Hannover, Jerman, pada Rabu (24/4/2024).

Baca Juga

“Kami berada di sini (Hannover Messe 2024) sedang mencari mitra, khususnya yang memiliki teknologi yang tepat untuk diterapkan di Nusantara. Beruntung bagi kami, dalam sesi ini telah bertemu dengan Solinatra juga PT ATMI IGI. Kami memiliki minat dan tujuan yang sama untuk mewujudkan kehidupan dan masa depan Indonesia yang lebih baik,” kata Achmad.

Chairman of the Board Solinatra, Roland Pluut mengatakan, pihaknya sangat antusiasme atas kerja sama untuk pengembangan Nusantara melalui penandatanganan LoI.

“Ini adalah proyek yang luar biasa. Kolaborasi ini menunjukkan pada dunia bahwa dengan menggunakan material yang berkelanjutan, untuk melakukan transisi dari plastik yang mencemari lingkungan ke material alami yang biodegradable, kita dapat membangun kota yang sehat dan menjadi fondasi bagi masyarakat untuk hidup dengan bahagia," kata Roland.

Sementara itu, Direktur Operasional PT ATMI IGI, Yustinus Wahyo Nursanto menyebutkan, kerja sama yang dilakukan meliputi tiga bidang, pertama adalah tentang mangrove campaign dengan biodegradable material pengganti plastik.

Kedua yakni vocational education dengan dukungan ATMI yang merupakan salah satu pionir untuk dual vocational education di Indonesia; dan ketiga adalah pengembangan bisnis bersama Solinatra untuk produk berkelanjutan.

“Kerja sama yang dilakukan dengan tujuan menjadikan Nusantara kota ramah lingkungan bebas plastik,” kata Yustinus.

Asisten Manajer Pemasaran PT ATMI IGI, Robertus Terry Damian berharap adanya keterlibatan pemuda dalam langkah merawat bumi khususnya membangun Nusantara.

“Karena Nusantara ke depannya menjadi rumah yang ideal bagi anak-anak muda,” ujar Robertus.

Dalam kesempatan yang sama, Duta Besar Republik Indonesia untuk Jerman, Arif Havas Oegroseno menyampaikan besarnya peluang investasi di Hannover Messe 2024 untuk Nusantara.

Menurut dia, penting partisipasi Otorita IKN pada Hannover Messe 2024 untuk memberikan gambaran program Indonesia kepada dunia juga para investor.

"Karena Hannover Messe tidak hanya Jerman tetapi juga dunia, dan juga pada hal yang sama (kita) ingin menunjukkan kepada Jerman dan juga pada industri dunia bahwa kita memiliki program yang ramah lingkungan yang tercermin dari IKN," kata Arif.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement