Kamis 18 Feb 2021 18:39 WIB

Pelindo I Terus Kembangkan Kuala Tanjung PIE

Kuala Tanjung PIE memiliki potensi besar untuk tumbuh dan berkembang secara cepat

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Gita Amanda
 PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I (Persero) memastikan akan terus mengoptimalkan Kuala Tanjung Port and Industrial Estate (PIE).
Foto:

Prasetyo menambahkan, hingga saat ini sudah ada beberapa perusahaan berskala internasional dan multinasional serta investor yang tertarik untuk berinvestasi di kawasan tersebut. Salah satunya, Pelindo I dengan Pertamina yang akan bekerjasama untuk mengembangkan dan membangun Terminal Energi yang didalamnya terdapat Terminal BBM dan Terminal LNG dan pengembangan sarana dan fasilitas bunker penunjang bahan bakar minyak (BBM) untuk memenuhi kebutuhan energi di Kawasan Industri ini.

“Dengan percepatan pengembangan Kuala Tanjung PIE dan dukungan dari pemerintah, maka akan semakin banyak calon mitra strategis dan investor yang tertarik untuk berinvestasi,” ujar Prasetyo.

Dia menilai, hal tersebut akan mendukung akselerasi pertumbuhan ekonomi di Indonesia bagian barat, khususnya di wilayah Sumatra Utara. Selain itu juga akan mendorong meningkatnya utilisasi dan aktivitas kegiatan bongkar muat di KTMT.

“Pelindo I akan terus melakukan koordinasi dengan para stakeholder dan mengajak para investor serta mitra strategis untuk berperan aktif dalam Pengembangan Kuala Tanjung PIE,” jelas Prasetyo.

Pelindo I pada tahun ini menargetkan arus bongkar muat petikemas sebesar 1,57 juta TEUs. Angka tersebut tumbuh 10 persen dibandingkan 2020. Sementara bongkar muat kargo yang terdiri dari curah cair, curah kering dan general cargo diproyeksikan mencapai 30,2 juta ton atau meningkat 22 persen dibanding realisasi tahun sebelumnya yaitu sebesar 24,8 juta ton.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement