Rabu 17 Feb 2021 07:14 WIB

Gempa Jepang, SKK Migas Pastikan Ekspor LNG tak Terganggu

Bencana gempa memaksa Jepang mematikan 20 persen operasional kilang hingga pembangkit

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
KIlang LNG (ilustrasi)

"Senin kami menutup salah satu kilang, yaitu kilang Sendai yang memiliki kapasitas produksi 145 ribu barel per hari. Saat ini perusahaan masih melakukan pemeriksaan kondisi kilang dan belum tau kapan akan mengoperasikan kembali," ujar Juru Bicara Eneos.

Selain Eneos, perusahaan kilang lainnya, Fuji Oil Co Ltd juga melaporkan bahwa mereka menutup unit distilasi minyak mentah mereka di Kilang Sodegaura. Kilang tersebut mempunyai kapasitas produksi 143 ribu barel per hari.

Selain itu, Idemitsu Kosan juga menutup kilangnya di daerah Chiba. Kilang tersebut mempunyai kapasitas sebesar 190 ribu barel per hari.

Perusahaan minyak asal Jepang, JAPEX memutuskan untuk menutup sementara fasilitas LNG mereka. Penutupan fasilitas LNG ini berimbas pada penundaan ekspor impor LNG negara tersebut. Penutupan fasilitas LNG ini dilakukan karena perusahaan masih melakukan evaluasi apakah ada fasilitas LNG yang mengalami kerusakan.

Dikutip dari Reuters, JAPEX mengatakan perusahaan butuh waktu untuk bisa beroperasi kembali sampai investigasi fasilitas selesai dilakukan. "Kami perlu melakukan penghentian operasi pasokan sementara pasca gempa. Kami melakukan berbagai langkah mitigasi untuk mengamankan fasilitas produksi," ujar Japex.

Selain menutup fasilitas LNG, Japex mengatakan perlu mengehntikan sementara operasional Pembangkit Listrik Tenaga Gas Alam Fukushima milik Fukushima Gas Power (FGP). Sampai saat ini pembangkit tersebut masih mati dan pihak perusahaan belum tau kapan akan mulai mengoperasikannya lagi.

"FGP sedang memeriksa fasilitas di pembangkit listrik. Oleh karena itu, dimulainya kembali operasi pembangkit listrik belum ditentukan untuk saat ini. Kami akan terus mengkonfirmasi status fasilitas yang ditangguhkan dan dimulainya kembali operasinya," ujar Japex.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement