Kamis 04 Feb 2021 06:55 WIB

Menhub Janji Tingkatkan Keselamatan Penerbangan Nasional

Kemenhub terus melakukan pemeriksaan rutin maupun sewaktu waktu pada pesawat udara

Rep: rahayu subekti/ Red: Hiru Muhammad
Pesawat Garuda Indonesia dan beberapa maskapai lainnya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.
Foto: Republika TV/Wisnu Aji Prasetiyo
Pesawat Garuda Indonesia dan beberapa maskapai lainnya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berjanji akan berkomitmen untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan penerbangan nasional. Hal tersebut diungkapkan dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi V DPR saat membahas jatuhnya pesawat Sriwijaya Air nomor registrasi PK-CLC SJ 182 yang jatuh di Kepulauan Seribu pada 9 Januari 2021. 

“Saya minta rekan-rekan di sektor transportasi udara untuk memberikan upaya terbaik untuk terus meningkatkan keselamatan dan keamanan penerbangan nasional, yang memang menjadi mandat dari regulasi penerbangan internasional, dan ini akan menjadi suatu image dari penerbangan kita di mata internasional,” kata Budi, Rabu (3/2). 

Dia memastikan, Kemenhub terus melakukan upaya-upaya meningkatkan keselamatan dan keamanan penerbangan nasional. Beberapa diantaranya dengan melakukan pemeriksaan terhadap kelaikan pesawat yang beroperasi di Indonesia baik secara rutin maupun sewaktu-waktu dan melakukan bimbingan teknis tentang penanganan gangguan teknis yang berulang pada pesawat udara. Begitu juga dengan melakukan pembenahan struktur organisasi regulator melalui pemisahan fungsi-fungsi pembinaan terhadap keselamatan, pembangunan, dan pengusahaa atau pelayanan. 

Budi mwnambahakan, Kemenhub juga akan menguatkan  kapasitas organisasi Kantor Otoritas Bandar Udara dan percepatan implementasi ICAO Annex 19 tentang safety management terutama State Safety Programme (SSP). Selain itu juha pembentukan forum komunikasi nasional keselamatan penerbangan yang sinergi dengan komite keamanan nasional penerbangan.

 

Ketua Komisi V DPR Lasarus mendesak Kemenhub untuk meningkatkan pengawasan dan pembinaan terhadap operator maskapai penerbangan. Lasarus mengatakan hal tersebut dibutuhkan untuk mengedepankan aspek keselamatan, keamanan, dan kualitas pelayanan dalam penyelenggaraan transportasi. 

Lasarus juga meminta peran Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) juga maksimal. "KNKT juga tetap menjaga independensi dan integritas dalam investigasi kecelakaan transportasi terkait jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ 182 dan menyampaikan hasil laporannya kepada Komisi V DPR RI," kata Lasarus.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement