Jumat 29 Jan 2021 14:41 WIB

Garap Tol MLFF,Roatex Hungaria Gandeng Jasa Marga dan Telkom

Sistem MLFF ini akan diterapkan di seluruh ruas tol Indonesia.

Petugas bersiaga di gardu transaksi Gerbang Tol Palimanan, Cirebon. ilustrasi Foto : Republika/Edwin Putranto
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Petugas bersiaga di gardu transaksi Gerbang Tol Palimanan, Cirebon. ilustrasi Foto : Republika/Edwin Putranto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Roatex Ltd asal Hungaria menjajaki kerja sama dengan dua BUMN Indonesia yakni Telkom dan Jasa Marga terkait Sistem Transaksi Tol Nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) berbasis teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS). Sistem MLFF ini akan diterapkan di seluruh ruas tol Indonesia.

"Saat ini kami sudah menjajaki kerja sama dgn Telkom dan Jasa Marga. Tapi bagaimana bentuk kerja samanya, kami masih menunggu arahan dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT)/Kementrian PUPR, yang nanti akan dituangkan dalam perjanjian konsesi," ujar Chief Representative Roatex, Musfihin Dahlan saat dihubungi Antara di Jakarta, Jumat (29/1).

Baca Juga

Selain itu, Musfihin menambahkan bahwa Roatex juga akan bekerja sama secara erat dalam mengimplementasikan proyek MLFF ini dengan Kementerian/Lembaga terkait yakni Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Bank Indonesia, hingga Kepolisian Republik Indonesia. Roatex juga akan bekerja sama secara erat dengan Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) dan semua Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Indonesia.

"Rencana kerja Roatex Indonesia, sebagai Badan Usaha Pelaksana harus mendapat persetujuan dari BPJT," katanya.

Dia berharap Roatex bisa mengimplementasikan teknologi yang sudah terbukti (proven) di Hongaria sejak 2013. Setelah tujuh tahun Hongaria terbukti sukses dalam menerapkan teknologi transaksi tol nirsentuh berbasis Sistem Navigasi Satelit atau Global Navigation Satellite System (GNSS) untuk jalan tol sepanjang 6.000 km.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement