Senin 25 Jan 2021 14:22 WIB

Aplikasi IoT Kian Diminati Masyarakat Asia Pasifik

Asia masih terus berkembang dan memperbaharui dirinya sehingga memberikan peluang

Tuya Smart, perusahaan IoT berpusat di Amerika Serikat (AS), yang kini sedang mengincar Asia Pasifik untuk mendukung masa depan dari pengembangan aplikasi IoT, termasuk di Indonesia.
Foto:

Sementara itu, perusahaan Taiwan terkemuka, MediaTek telah berhasil menerapkan modul Tuya'sNarrow Band-Internet of Things (NB-IoT) -NM1, NM1-CT, dan NM1-GL - untuk aplikasi kota pintar. Tiga modul NB-IoT yang baru diluncurkan akan memanfaatkan platform Tuya untuk berkembang menjadi perangkat pintar baru luar ruangan serta berbagai solusi tingkat SaaS dan tingkat PaaS untuk pengembang AIoT di seluruh dunia dan untuk membantu mempromosikan penerapan kota pintar, komunitas pintar, industri pintar, dan bidang terkait lainnya.

Platform dan teknologi Tuya membuat mitranya dapat fokus pada keahlian terbaik mereka. Di Singapura, platform IoT Tuya membantu perusahaan pencahayaan Nearto fokus pada kekuatan kunci mereka, yaitu memproduksi lampu. Hasilnya, Nearcan dapat merilis produk baru lebih cepat dan lebih baik dari saingannya.

Melalui aplikasi IoT, para perusahaan mengincar keuntungan yang lebih besar dan lebih nyata. “Ada tiga keuntungan dari evolusi hotel pintar, pertama yaitu dapat mengurangi tenaga kerja karena dapat melakukan check-in mandiri dan adanya mesin layanan kamar mandiri,” kata Arivendran, CEO Smartouch dari Malaysia. Kedua, dapat memberikan pengalaman yang lebih baik untuk klien hotel, misalnya mereka dapat mengontrol perangkat di kamar seperti tirai, pencahayaan, AC dengan asisten suara aplikasi. Dan ketiga, dapat mengurangi energi bagi pemilik hotel yang dideteksi dengan sensor deteksi manusia kami.

Sejalan dengan pertumbuhan ekosistem di kawasan Asia Pasifik yang semakin matang, Tuya akan terus terlibat secara aktif mengembangkan komunitas dan para pengembangnya secara maksimal. Masa depan IoT yang cerah akan memberi manfaat tidak hanya bagi mereka yang paham teknologi tetapi juga bagi semua orang. Alo T memungkinkan Asia Pasifik untuk menemukan solusi inovatif untuk masalah-masalah yang dihadapi, jadi hal itu akan menentukan bagaimana potensi AIoT selama beberapa dekade mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement