Kamis 21 Jan 2021 06:54 WIB

Harga Minyak Naik Tipis

Pasokan minyak telah diperketat dari rekor penurunan produksi tahun lalu oleh OPEC

Harga minyak dunia (ilustrasi).
Foto:

Secara global, pasokan telah diperketat dari rekor penurunan produksi tahun lalu oleh OPEC dan sekutunya, kelompok yang dikenal sebagai OPEC+, membantu mengangkat harga dari posisi terendah dalam sejarah.

Bulan ini, Brent mencapai level tertinggi 11-bulan di 57,42 dolar AS, dibantu oleh Arab Saudi yang berjanji untuk melakukan pemotongan tambahan secara sukarela dan sebagian besar anggota OPEC+ setuju untuk menjaga produksi stabil pada Februari.

Tindakan yang diharapkan untuk mendorong pengurangan karbon, jika mereka membatasi pasokan, juga dapat meningkatkan harga.

"Saya pikir Pemerintahan Biden pada hari pertama memperjelas bahwa ada sheriff baru di kota dan kami akan kembali ke kebijakan yang pro-energi hijau dan bahan bakar anti-fosil," kata Phil Flynn, analis senior di Price Futures Group di Chicago. Ini berarti harga yang lebih tinggi dan pasar mulai menilai dalam kenyataan itu.

Laporan pasokan pertama dari dua minggu ini akan dirilis pada Rabu (20/1) oleh American Petroleum Institute. Analis memperkirakan stok minyak mentah turun 300.000 barel dalam sepekan hingga 15 Januari. Angka mingguan pemerintah akan dirilis pada Jumat (22/1), tertahan karena pelantikan presiden AS.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement