Jumat 19 Apr 2024 17:23 WIB

Konflik Iran Israel Makin Panas, Indonesia Cari Sumber Minyak Alternatif

Beberapa sasaran alternatif yaitu Amerika Latin, Venezuela, Mozambik, Afrika lainnya.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Lida Puspaningtyas
Menteri ESDM Arifin Tasrif.
Foto: Dok.ESDM
Menteri ESDM Arifin Tasrif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Indonesia menyikapi konflik antara Iran dan Israel dengan mencari sumber minyak mentah lain untuk memenuhi kebutuhan minyak dalam negeri. Harga minyak yang tinggi dan terbatasnya jalur distribusi perlu disiasati oleh pemerintah.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan kondisi geopilitik saat ini sangat serius. Pemerintah meminta kepada Pertamina untuk mencari alternatif supply tambahan yang tidak melewati lintasan perang.

Baca Juga

"Logistik lagi mahal, harga minyak dunianya juga naik. Jadi kita harus cari alternatif. Selama ini opsinya memang dari India dan Malaysia," kata Arifin di Kementerian ESDM, Jumat (19/4/2024).

Arifin juga mengatakan beberapa wilayah alternatif yaitu Amerika Latin, Venezuela, Mozambik dan juga beberapa negara Afrika. 

 

Sebelumnya, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji mengatakan konflik Iran dan Israel yang saat ini terjadi tidak akan mengganggu cadangan minyak (BBM) nasional yang saat ini berada di kisaran 30 hari. Terlebih PT Pertamina (Persero) telah berkontrak dengan beberapa pemasok BBM dari luar negeri yang berkomitmen untuk tetap memasok BBM sesuai kontraknya.

Meski relatif aman dari sisi cadangan dan pasokan, Tutuka mengungkapkan bahwa Pemerintah Indonesia perlu mewaspadai dampak dari konflik tersebut berkaitan dengan pasokan minyak dunia melalui Selat Hormuz yang menghubungkan Teluk Persia dengan Teluk Oman dan Laut Arab, menjadi jalur pelayaran vital bagi tanker minyak yang mengangkut sekitar 30 persen minyak mentah dunia atau sekitar 21 juta barel minyak mentah per hari.

"Peran dari selat Hormuz itu penting sekali. Selat Hormuz itu bisa dipegang dan dikelola oleh Iran. Jadi sangat menentukan bagaimana Pertamina menyikapi hal itu termasuk pemenuhan pasokan dimana tadi pertamina udah kontrak," ungkap Tutuka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement