Rabu 20 Jan 2021 14:59 WIB

Lama Menghilang, Jack Ma Kembali Muncul di Depan Publik

Jack Ma bertemu dengan 100 guru pedesaan di China melalui video meeting, hari ini.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nidia Zuraya
Jack Ma, pendiri dan ketua eksekutif perusahaan e-commerce China, Alibaba Group.
Foto:

Bulan lalu, bank sentral China menarik para eksekutif dari Ant Group dan memerintahkan perombakan besar-besaran dalam operasi perusahaan. Ma adalah pendiri dan pemegang saham utama Ant Group yang merupakan penyedia pembayaran terbesar di China.

Sebelum memerintahkan perombakan perusahaan, regulator China telah membatalkan pencatatan saham Ant Group di bursa Hong Kong dan Shanghai. Penawaran saham perdana senilai 37 miliar dolar AS diharapkan menjadi yang terbesar di tahun 2020.

Secara terpisah, Badan Pengawas Persaingan Usaha di China mengumumkan penyelidikan terhadap Alibaba atas praktik monopoli.

Kecurigaan tentang keberadaan Ma muncul awal bulan ini ketika dia melewatkan acara Africa's Business Heroes, sebuah acara televisi di mana dia menjadi salah satu juri.

Meskipun Alibaba mengaitkan ketidakhadirannya dengan konflik penjadwalan, beberapa laporan media mengatakan, dia tidak terlihat sejak membuat komentar yang dianggap kritis terhadap sistem perbankan China pada acara publik di Shanghai pada bulan Oktober. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement