Rabu 20 Jan 2021 13:20 WIB

Ekonom: Ini Kriteria Pimpinan Lembaga Pengelola Investasi

Calon pemimpin INA baiknya memiliki latar belakang profesional di bidang investasi,

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Friska Yolandha
Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Yusuf Rendy Manilet menyebutkan, pimpinan lembaga pengelola keuangan khusus investasi milik Indonesia atau kerap disebut sebagai Otoritas Investasi Indonesia (INA) harus memiliki beberapa kriteria umum dan khusus. Mulai dari integritas yang tinggi hingga berpengalaman di bidang pemerintahan.
Foto:

Dilansir Bloomberg, daftar nama calon pimpinan lembaga pengelola keuangan khusus investasi milik Indonesia semakin menyempit. Salah satu nama yang muncul adalah Pandu Sjahrir dari Indies Capital Partners Pte. Informasi tersebut disampaikan oleh beberapa orang yang mengetahui masalah, namun enggan menyebutkan namanya.

Sjahrir merupakan managing partner di manajer aset alternatif Indies Capital disebut sebagai calon terkuat di antara kandidat tersisa. Pemerintah diperkirakan akan menentukan nama pimpinan INA pada bulan ini, namun sampai saat ini belum ada keputusan akhir yang dibuat.

Sjahrir merupakan investor dan nama yang terkenal di industri teknologi Indonesia. Ia menjadi investor awal di startup lokal seperti Gojek. Selain di Indies Capital, ia juga menjabat sebagai direktur operasional di Sea Ltd Indonesia dan anggota dewan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Nama lain yang masuk dalam daftar tersebut adalah Arief Budiman, mantan direktur keuangan produsen energi PT Pertamina. Selain itu, Direktur Utama PT Indika Energy Arsjad Rasjid, CEO PT Bank CIMB Niaga Tigor Siahaan dan Presiden Direktur PT Credit Suisse Sekuritas Indonesia Rizal Gozali.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement