Selasa 19 Jan 2021 13:53 WIB

Tingkatkan Portofolio Global, China Restrukturisasi SWF

Lembaga SWF China diketahui telah membentuk dua komite awal bulan ini.

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Nidia Zuraya
Lembaga pengelola investasi atau Sovereign Wealth Fund (SWF).
Foto:

Dalam tanggapan yang dikirim melalui email kepada Bloomberg, CIC menyampaikan komitmennya untuk menyempurnakan manajemen dan mengoptimalkan model operasinya guna mendorong efisiensi investasi luar negeri. Pihaknya juga mencoba memeprkuat kapasitas kelembagaannya.

Tujuan jangka panjang dana ini adalah untuk memperluas investasi non publik, termasuk dalam ekuitas swasta, real estate dan hedge fund (dana lindung nilai) untuk pengembalian yang lebih stabil.

Selama ini, saham dan obligasi merupakan instrumen investasi utama perusahaan pada 2007, tahun-tahun awal CIC didirikan. Sementara, aset alternatif hanya menyumbang enam persen pada 2009.

CIC Capital didirikan pada 2015 untuk meningkatkan investasi langsung, sementara CIC International menjalankan aset lain termasuk saham dan obligasi publi, real estat dan ekuitas swasta. Sementara itu, CIC Capital memiliki komite investasinya sendiri dan berharap dapat meningkatkan modalnya hingga 100 miliar dolar AS melalui penjualan obligasi. Rencana penggalangan dana hanya membuat sedikit kemajuan.

Secara terpisah, departemen manajemen CIC Capital, yang mencakup posisi untuk hukum dan pengendalian risiko, juga akan dirombak. Berbagai tim akan dilebur ke departemen lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement