Jumat 15 Jan 2021 20:45 WIB

Jokowi: Dana Asing 20 Miliar Dolar AS Masuk dalam Dua Bulan

Dana asing tersebut diharapkan masuk setelah Indonesia Investment Authority terbentuk

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Nidia Zuraya
Presiden Joko Widodo bicara soal dana asing yang akan masuk ke Indonesia
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo bicara soal dana asing yang akan masuk ke Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis akan ada aliran dana masuk sampai 20 miliar dolar AS setelah Sovereign Wealth Fund (SWF) bentukan pemerintah beroperasi dalam waktu dekat. Angka tersebut diyakini bisa terhimpun dalam kurun waktu 1-2 bulan Indonesia Investment Authority (INA) diresmikan Januari 2021 ini. 

"Saya tadi berbisik ke bu Menkeu, awal ini mungkin 1-2 bulan ini target yang masuk ke SWF kita berapa? Dijawab Bu Menkeu ya kira-kira 20 miliar dolar AS. Duit yang gedhe banget," ujar Presiden Jokowi dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2021, Jumat (15/1). 

Baca Juga

Inflow yang masuk sebesar itu pun, ujar presiden, masih ditambah setoran modal awal pemerintah sebesar Rp 15 triliun dari APBN dan Rp 50 triliun dari saham BUMN. INA, ujar Jokowi, diharapkan mampu menangkap peluang investasi dan solusi alternatif bagi pembiayaan pembangunan ke depan. 

Pekan ini, pemerintah melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani juga sudah menyerahkan nama-nama Dewan Pengawas INA kepada DPR. Presiden Jokowi berharap pekan depan nama-nama tersebut bisa disetujui sehingga INA bisa beroperasi. 

"Pembentukan SWF ini sangat diperlukan untuk memenuhi pembiayaan yang semakin besar ke depan dan juga untuk meningkatkan tingkat FDI Indonesia dan juga untuk menurunkan rasio utang terhadap PDB Indonesia," kata Jokowi. 

 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement