Senin 11 Jan 2021 20:28 WIB

Pacu Ekspor, Mendag Genjot Kerja Sama Perdagangan Global

Neraca perdagangan Indonesia ditargetkan surplus 1 miliar dolar AS pada 2021.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nidia Zuraya
Neraca dagang (ekspor impor)
Foto:

Lutfi memperkirakan, beberapa negara tujuan ekspor Indonesia seperti Cina, Amerika Serikat (AS), dan Eropa, akan menuju kondisi normal pada April mendatang. "Atau akhir kuartal pertama dan kuartal kedua tahun ini, kondisi tersebut lalu diikuti negara berkembang dan kelas menengah," ujar dia. 

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menambahkan, tahun ini Kemendag akan tetap fokus pada negosiasi perjanjian perdagangan yang tengah berjalan. Ia menyebutkan, kini ada sekitar 11 perjanjian dalam tahap perundingan. 

"Di antaranya ada Indonesia-EU CEPA (Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia dan Uni Eropa) yang masih perundingan ke-10," kata dia dalam kesempatan serupa. Dirinya melanjutkan, Kemendag juga akan melakukan perundingan dengan Turki, Pakistan, Bangladesh, sera lainnya. 

"Jadi target (perjanjian perdagangan internasional) terpenuhi, bahkan lampaui target. Kami sangat semangat, sesuai arahan Pak Mendag siap kerja keras mengeksplor perjanjian dagang yang selama ini belum tersentuh," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement