Kamis 07 Jan 2021 19:49 WIB

Pertamina Perkuat Kemandirian UMKM di Papua dan Papua Barat

Pertamina menyalurkan modal usaha Rp 25 M untuk 427 mitra di Papua dan Papua Barat

Pertamina menyalurkan modal usaha senilai Rp 25 miliar untuk 427 mitra di Papua dan Papua Barat.
Foto:

Sherly Waromi, salah satu UMKM binaan RU VII ini mengaku senang menjadi mitra binaan Pertamina. Pemilik pangkalan minyak tanah ini berencana menggunakan pinjaman modal yang didapat untuk memperluas usahanya ke bidang perdagangan lain, yakni berupa peralatan olahraga. “Semoga bisa lebih besar dan mempekerjakan banyak orang. Sehingga bisa membantu warga sekitar mendapatkan penghasilan,” tuturnya.

Berbeda lagi dengan Steven Ibo, mitra binaan MOR VIII ini mengatakan, modal bergulir yang diterima digunakan untuk meningkatkan volume usahnya yang bergerak dalam produksi Virgin Coconut Oil (VCO) menjadi sabun VCO, Kapsul VCO dan sabun buah merah. "Bantuan dari Pertamina akan dijadikan modal kerja dalam memproduksi lebih banyak lagi sabun dan minyak kelapa murni, apalagi kini, permintaan dari produksi kami sedang tinggi," ujar Steven.

Menurut Agus, hal ini merupakan cerminan dari penerapan Goal 8 SDGs, yakni menyediakan pekerjaan yang layak dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Pertamina akan terus mendukung para UMKM agar lebih tangguh dan mandiri. “Dengan roadmap pembinaan Go Modern, Go Digital, Go Online, dan Go Global, Pertamina akan mendorong para UMKM binaan untuk naik kelas,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement