Jumat 01 Jan 2021 10:21 WIB

Azerbaijan Saingi Rusia di Pasar Gas Alam Eropa

Azerbaijan akan mengirimkan 10 miliar meter kubik gas ke Eropa setiap tahun.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nidia Zuraya
Ladang pengeboran migas (ilustrasi)
Foto:

Azerbaijan akan mengirimkan 10 miliar meter kubik gas ke Eropa setiap tahun selama seperempat abad mendatang. Sebanyak 8 miliar kubik di antaranya akan dikirim ke Italia dan 1 miliar kubik masing-masing ke Yunani dan Bulgaria.

“Beberapa orang skeptis tentang proyek tersebut pada awalnya, sekarang misinya selesai. Gas alam Azerbaijan telah tiba di Eropa," kata Presiden Socar Rovnaq Abdullayev.

Shah Deniz, yang berarti Raja Laut di Azeri, adalah cadangan gas terbesar di negara itu, yang mengandung sekitar 1 triliun meter kubik bahan bakar dan 2 miliar barel kondensat, menurut perkiraan BP.

Azerbaijan berencana untuk mengirimkan gas ke lebih banyak negara di Eropa di masa depan karena ladang Laut Kaspia tambahan mulai berproduksi.

BP memimpin Shah Deniz dengan 28,8 persen saham. Mitra lain dalam proyek tersebut termasuk Socar, Turkiye Petrolleri AO, Petroliam Nasional Bhd, Lukoil PJSC dan satu unit perusahaan minyak nasional Iran.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement