Rabu 30 Dec 2020 08:33 WIB

Fed Perpanjang Program Kredit Main Street Hingga Awal 2021

Program Main Street Lending ditargetkan untuk bisnis kecil dan menengah.

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Friska Yolandha
The Federal Reserve
Foto:

Dalam upaya untuk meningkatkan partisipasi yang hampir tidak ada di bulan-bulan awal, Fed mengubah konsep program beberapa kali. Mulai dari menurunkan jumlah pinjaman minimum menjadi 100 ribu dolar AS dan membuka pintu bagi kelompok nirlaba (nonprofit). Dalam lima bulan pertama, Main Street Lending tercatat hanya menghasilkan pinjaman 5 miliar dolar AS, dari target awal 600 miliar dolar AS.

Tapi, sejak Mnuchin mengumumkan rencana penghentian program, volume pengajuan pinjaman melonjak. Per 23 Desember, terdapat pinjaman sebesar 14,59 miliar dolar AS untuk fasilitas ini, hampir tiga kali lipat dibandingkan empat pekan sebelumnya.

Kenaikan permintaan bertepatan dengan perlambatan ekonomi setelah rebound awal dari akhir musim semi hingga musim panas.

Lonjakan kasus virus corona di Amerika sekali lagi membebani pengeluaran konsumen dan memaksa penutupan dunia usaha yang baru saja dibuka kembali. Saat ini, sejumlah ekonom memperkirakan, lapangan kerja akan turun pada Desember. Padahal, periode Mei hingga November, jumlahnya sudah naik dan mampu menutupi lebih dari 11 juta pekerjaan yang hilang pada Maret dan Apriil.

 

Keputusan Mnuchin untuk menutup program The Fed diserang oleh Demokrat yang menilainya telah menghalangi kemampuan Presiden terpilih Joe Biden untuk mendukung pemulihan ekonomi. Mnuchin menegaskan, dirinya hanya mengikuti hukum yang mengatur program pada musim semi lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement