Rabu 23 Dec 2020 11:36 WIB

Muhammad Lutfi Pastikan Produk Indonesia Bisa Diekspor

Ekspor dapat menjadi daya ungkit untuk pertumbuhan ekonomi.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Friska Yolandha
Muhammad Lutfi
Foto: Republika
Muhammad Lutfi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Muhammad Lutfi ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto. Di bawah komandonya, Lutfi memastikan produk-produk dalam negeri akan bisa bersaing secara global. 

"Saya memastikan bahwa barang Indonesia bisa diekspor dan kompetitif di dunia," kata Lutfi di gedung Sekretariat Presiden, Jakarta, Rabu (24/12). 

Baca Juga

Menurut Lutfi, meningkatkan ekspor merupakan bagian dari upaya perbaikan ekonomi nasional yang terimbas pandemi Covid-19. Ia menambahkan, ekspor bisa menajadi daya ungkit baru untuk pertumbuhan ekonomi yang sehat.

Dari berbagai sektor yang ada, Lutfi melihat, perekonomian adalah salah satu sektor yang paling terdampak. Krisis kesehatan ini berujung pada penurunan daya beli masyarakat hingga peningkatan pengangguran yang pada akhirnya berimbas pada perlambatan ekonomi. 

Menurut Lutfi, produk-produk Indonesia memiliki kesempatan yang baik untuk berkompetisi di kancah dunia. Untuk itu, ia memastikan arus barang baik di dalam maupun ke luar negeri harus berjalan dengan baik.  

"Ini adalah agenda utama yang akan saya laksanakan pada waktu yang singkat ini," tutur Lutfi.

Sebelum menduduki posisi barunya ini, Lutfi menjabat sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) yang dilantik pada 14 September 2020 lalu. Lutfi sebelumnya juga pernah menduduki posisi Menteri Perdagangan di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement