Selasa 13 Oct 2020 03:00 WIB

Dua Ekonom AS Raih Nobel Berkat Teori Lelang

Keduanya berhasil menemukan format lelang baru yang menguntungkan pembeli dan penjual

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nidia Zuraya
Dua ekonom Amerika Serikat (AS), Paul R. Milgrom (72 tahun) dan Robert B. Wilson (83 tahun), meraih Hadiah Nobel
Foto: EPA
Dua ekonom Amerika Serikat (AS), Paul R. Milgrom (72 tahun) dan Robert B. Wilson (83 tahun), meraih Hadiah Nobel

REPUBLIKA.CO.ID, STOCKHOLM -- Akademisi Amerika Serikat (AS) Paul Milgrom dan Robert Wilson memenangkan Nobel Ekonomi 2020. Keduanya diganjar penghargaan Nobel atas penelitian mengenai penyempurnaan teori lelang yang mendapatkan banyak pujian.

Keduanya berhasil menemukan format lelang baru yang dinilai menguntungkan pembeli dan penjual di seluruh dunia. Keduanya berusaha mencari jalan keluar untuk menghindari 'kutukan pemenang' dalam sebuah pelelangan.

Baca Juga

Kutukan pemenang merupakan istilah untuk mereka yang berhasil mendapatkan sebuah barang dalam lelang, tetapi pada akhirnya ternyata membayar dengan harga yang jauh lebih mahal.

"Lelang ada di mana-mana dan memengaruhi kehidupan kita sehari-hari. Pemenang Ilmu Ekonomi tahun ini, Paul Milgrom dan Robert Wilson. Mereka telah meningkatkan teori lelang dan menemukan format lelang baru, yang menguntungkan penjual, pembeli, dan pembayar pajak di seluruh dunia," bunyi keterangan dalam web resmi Hadiah Nobel, dilansir dari Reuters, Senin (12/10).

Milgrom dan Wilson secara khusus menemukan format untuk menjual barang yang saling terkait secara bersamaan. Pada tahun 1994, otoritas AS menggunakan salah satu desain lelang mereka untuk menjual frekuensi radio ke operator telekomunikasi, suatu langkah yang sejak saat itu ditiru di negara lain.

Wilson menunjukkan bahwa penawar yang rasional cenderung menempatkan tawarannya di bawah estimasi terbaik mereka. Hal itu terjadi ketika nilai suatu barang dianggap sama untuk semua orang, karena takut membayar terlalu banyak. Milgrom melengkapi itu dengan teori tentang nilai-nilai pribadi, maksudnya nilai yang dipatok pada suaru barang berbeda antar penawar.

Dia menunjukkan bahwa format lelang akan memberikan penjual pendapatan yang lebih tinggi saat penawar mempelajari lebih lanjut tentang taksiran nilai masing-masing selama proses penawaran.

Meski menciptakan teori ini, Wilson mengaku pengalamannya mengikuti lelang sangat terbatas. "Saya sendiri tidak pernah berpartisipasi aktif dalam pelelangan. Istri saya menunjukkan bahwa kami membeli skiboot di eBay, saya rasa itu adalah lelang," kata Wilson.

Komite Nobel Norwegia berencana untuk melanjutkan upacara penghargaan, meskipun dalam format yang dikurangi karena pandemi virus Corona. Hal itu akan dilakukan di Oslo pada 10 Desember, atau tepat pada saat peringatan kematian Alfred Nobel.

Penghargaan Nobel bidang ekonomi adalah penghargaan final dari enam penghargaan pada tahun 2020, tahun di mana Nobel dibayangi oleh pandemi Covid-19. Hadiah Nobel untu bidang kedokteran, fisika, kimia, sastra, dan perdamaian telah dibagikan minggu lalu.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement