Selasa 08 Sep 2020 18:27 WIB

Danamon Syariah Siap Terima Wakaf Uang

Layanan penerimaan wakaf ini juga akan diintegrasikan dengan layanan digital Danamon

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nidia Zuraya
Direktur Operations Syariah PT Bank Danamon Indonesia Herry Hykmanto.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Direktur Operations Syariah PT Bank Danamon Indonesia Herry Hykmanto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Unit Usaha Syariah PT Bank Danamon Indonesia Tbk. telah resmi ditetapkan sebagai Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKSPWU) oleh Kementerian Agama. Direktur Syariah Bank Danamon Indonesia, Herry Hykmanto menyampaikan penetapan ini merupakan langkah strategis untuk memenuhi kebutuhan nasabah.

"Karena Wakaf adalah salah satu kegiatan utama perbankan syariah yang menjadi kebutuhan nasabah syariah," katanya pada Republika.co.id, Selasa (8/9).

Baca Juga

Sebagai LKSPWU, Danamon Syariah kini bisa menerima dan menghimpun wakaf uang dari masyarakat. Herry mengatakan, dalam waktu dekat Danamon Syariah akan mensosialisasikan  layanan penerimaan wakaf uang di seluruh 430 kantor Danamon yang dapat melayani pelayanan produk syariah.

Dalam waktu dekat, layanan penerimaan wakaf ini juga akan diintegrasikan dengan layanan digital Danamon. Sehingga dapat memudahkan masyarakat yang ingin menyalurkan wakaf uangnya melalui Danamon Syariah.

Sebagai LKSPWU, Danamon Syariah akan menyediakan blangko sertifikat wakaf uang, menerima secara tunai wakaf uang dari wakif atas nama nazir. Keempat. Kemudian, menempatkan uang wakaf ke dalam rekening titipan (wadi’ah) atas nama nazir yang ditunjuk wakif.

Kemudian, Danamon Syariah akan menerima pernyataan kehendak wakif yang dituangkan secara tertulis dalam formulir pernyataan kehendak wakif. Selanjutnya menerbitkan sertifikat wakaf uang serta menyerahkan sertifikat tersebut kepada wakif dan menyerahkan tembusan sertifikat kepada Nazir yang ditunjuk oleh wakif. Lalu,  mendaftarkan wakaf uang kepada menteri atas nama nazir.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement