Senin 20 Jul 2020 16:02 WIB

FFI Buka Kesempatan Renovasi Kandang Peternak Mitra

FFI berharap Program Renovasi Kandang dapat meningkatkan kesejahteraan peternak.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Fuji Pratiwi
Pekerja memeriksa kandang dan kondisi sapi perah (ilustrasi). PT Frisian Flag Indonesia (FFI) menjalankan Program Renovasi Kandang bagi para peternak sapi perah mitra FFI.
Foto: Antara/M Agung Rajasa
Pekerja memeriksa kandang dan kondisi sapi perah (ilustrasi). PT Frisian Flag Indonesia (FFI) menjalankan Program Renovasi Kandang bagi para peternak sapi perah mitra FFI.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT Frisian Flag Indonesia (FFI) menjalankan Program Renovasi Kandang bagi para peternak sapi perah di Lembang dan Pangalengan, Jawa Barat. Program ini sendiri terbuka bagi semua mitra peternak FFI.

Project Manager DDP & FDOV PT Frisian Flag Indonesia, Akhmad Sawaldi, Program Renovasi Kandang bisa diikuti oleh peternak sapi perah mitra FFI lainnya. Mereka dapat mendaftarkan kandangnya yang akan ditindaklanjuti tim FFI dengan proses verifikasi dan seleksi. Jika seluruh persyaratan sudah terpenuhi, tim kontraktor yang ditunjuk FFI akan memulai proses administrasi dan melakukan renovasi. 

Baca Juga

FFI berkomitmen melanjutkan Program Renovasi Kandang. Sementara ini, sudah ada tujuh peternak dari koperasi di Lembang dan Pangalengan yang sudah direnovasi kandangnya dan menikmati manfaat dari program ini. Ke depannya FFI dan koperasi masih membuka kesempatan bagi peternak yang ingin merenovasi kandangnya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang diterapkan. 

"FFI berharap Program Renovasi Kandang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan para mitra peternak sapi di Indonesia serta mendukung pencapaian target produksi susu segar nasional," kata Sawaldi melalui siaran pers, Senin (20/7).

Menurutnya, memiliki kandang yang baik dan sesuai standar adalah syarat penting bagi kenyamanan peternak dan sapi perah. Karena, kandang berfungsi sebagai rumah bagi ternak dan sarana untuk berbagai aktivitas produksi lainnya. 

Syarat kandang yang baik, kata dia, ditentukan oleh pemilihan lokasi, tata letak, konstruksi, bahan, sirkulasi udara dan perlengkapan kandang. Saat ini sebagian besar kondisi kandang sapi perah di Indonesia belum memenuhi syarat-syarat tersebut. Selain karena faktor pengetahuan, biaya yang cukup besar untuk membangun kandang yang baik juga menjadi tantangan peternak. 

Sawaldi, menyampaikan bahwa Program Renovasi Kandang dari FFI mengacu pada Good Dairy Farming Practice (GDFP) yang diterapkan oleh FrieslandCampina di seluruh dunia. Program ini dimaksudkan untuk memudahkan pekerjaan peternak di kandang. Selain itu, meningkatkan kenyamanan sapi perah juga dapat menghasilkan produktivitas sapi yang lebih baik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement