Rabu 08 Jan 2020 11:18 WIB

Start-up Jepang Bikin Drone Amfibi, Fungsinya. . .

Drone ini juga bisa mengapung di permukaan air menggunakan pelampungnya.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Statup Jepang Bikin Drone Amfibi, Fungsinya. . .. (FOTO: TechCrunch)
Statup Jepang Bikin Drone Amfibi, Fungsinya. . .. (FOTO: TechCrunch)

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Startup Jepang, FPV Robotics memanfaatkan teknologi drone untuk mengatasi kebutuhan global yang terus meningkat, seperti memeriksa infrastruktur dan upaya menghindari masalah-masalah tak terduga.

CEO dan Pendiri FPV Robotics, Masaki Komagata menjelaskan, Waver yang diproduksinya adalah drone amfibi, yang dapat terbang berkat delapan rotor. Drone ini juga bisa mengapung di permukaan air menggunakan pelampungnya.

"Sifat ganda ini membuatnya sangat cocok untuk menyelesaikan tugas yang sangat spesifik, masalah yang Komagata atur secara khusus untuk dipecahkan setelah mengamati bahwa Japan Railways (JR) perlu ditangani," ungkap Kogamata, seperti dikutip Techcrunch (7/1/2020).

Baca Juga: Top! Indonesia Kini Punya Black Eagle, Ini Drone-drone Top Dunia

Kogamata mengakui drone Waver miliknya tidak dapat secara ajaib memperbaiki infrastruktur yang menua ini atau mencegah bencana alam, tetapi dapat memberikan pemantauan dan inspeksi yang fleksibel sesuai permintaan dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan metode saat ini.

Dia bermitra dengan JR dan perusahaan sensor OKI dalam pengembangan Waver untuk merancang kemampuan amfibi dan array sensor multibeam yang terpasang. 

Teknologi multibeam ini, yang disediakan oleh OKI, dipasang di bagian bawah drone Waver dan memberikan kemampuan pencitraan sonar yang memungkinkan drone untuk secara akurat memetakan bagian bawah sungai atau dasar laut dari permukaan air.

Informasi itu membantu memprediksi kapan infrastruktur, termasuk jembatan dan jalan, mungkin perlu diganti atau diperkuat, sebelum terjadi keruntuhan atau kerusakan yang sebenarnya. 

Selain inspeksi dasar laut dan sungai, Waver dapat melakukan inspeksi visual jembatan itu sendiri dari dekat menggunakan kamera yang lebih tradisional, serta tanah pendukung dari mana jembatan membentang.

Inspeksi multi-bagian semacam itu dapat membutuhkan kapal khusus, waktu pelatihan personel, hal-hal seperti perencah sementara untuk pendekatan jarak dekat, dan banyak lagi.

Baca Juga: Pantau Perbatasan, Indonesia-Malaysia Sepakat Gunakan Drone

Namun, Kogamata memperkirakan, berdasarkan studi FPV, bahwa drone mereka dapat mengurangi biaya inspeksi menjadi hanya 1/20 dari biaya metode yang ada. Itu berarti akan mungkin untuk memantau jauh lebih sering daripada yang dapat dilakukan saat ini, dan dalam keadaan di mana risiko bagi pengawas manusia di lapangan mungkin merupakan komponen yang diperlukan untuk menggunakan cara yang lebih tradisional.

Waver memperkirakan bahwa hanya dengan memperhitungkan jembatan saja, ada sekitar US$25 juta per tahun total pasar yang dapat ditangani, dan bertujuan untuk memperoleh sekitar 4% dari itu (sekitar US$1 juta dalam pendapatan) pada 2020, dan kemudian menumbuhkannya sekitar US$2 juta per tahun dalam dua tahun fiskal berikutnya.

Saat ini sebagian besar bootstrap, 90% dari dana awal startup senilai ¥30.700.000 (US$300.000) dalam pendanaan awal berasal dari Komagata sendiri.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement