Ahad 01 Dec 2019 05:55 WIB

Jamkrindo Dorong UMKM Manfaatkan Ekonomi Kreatif

Ini merupakan wujud nyata untuk membantu para UMKM agar bisa naik kelas.

Rep: Novita Intan/ Red: Gita Amanda
UMKM (Ilustrasi). Jamkrindo mendorong UMKM memanfaatkan ekonomi kreatif
Foto: Republika/ Wihdan
UMKM (Ilustrasi). Jamkrindo mendorong UMKM memanfaatkan ekonomi kreatif

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan Umum (Perum) Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) berupaya mendorong peningkatan dan pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Salah satunya melalui Festival UMKM untuk pertama kalinya di Indonesia.

Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto mengatakan kegiatan ini dapat meningkatkan kapabilitas usaha dan berjejaring usaha dengan berbagai pihak.

Baca Juga

“Kegiatan ini bisa melakukan display produk dan melakukan promosi langsung kepada masyarakat juga untuk memanfaatkan ekonomi kreatif,” ujarnya dalam keterangan tulis yang diterima Republika, Ahad (1/12).

Sementara Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Yuana Sutyowati menambahkan kegiatan ini merupakan wujud nyata untuk membantu para UMKM agar bisa naik kelas. Sebab, pelaku UMKM masih membutuhkan pelatihan-pelatihan guna mengembangkan usaha bisnisnya.

“Pameran seperti ini, bisa mereka manfaatkan untuk memperluas networking,” ucapnya.

Yuanan mencatat saat ini jumlah UMKM di Indonesia mencapai 62,9 juta. Hanya saja sekitar 19,8persen atau 13 juta UMKM yang baru tersentuh oleh layanan perbankan. Padahal menurutnya UMKM memiliki peran penting terhadap perekonomian nasional.

“Adanya sinergi antarBUMN untuk terus mendorong para UMKM tersebut, sehingga nantinya bisa menjadi motor perekonomian pada bangsa ini,” ucapmua.

Festival UMKM 2019 digelar dalam satu rangkaian acara dengan UMKM Appreciation Awards. Dalam awards ini, terdapat 68 UMKM yang menjadi nominasi, terdiri terdiri dari 37 usaha mikro, 18 usaha kecil dan 13 usaha menengah.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement