Selasa 19 Nov 2019 21:18 WIB

ASR, Industri Syariah untuk Kebangkitan Perekonomian Umat

ASR 2019 diharapkan memicu pelaku usaha lebih gencar mengembangkan industri syariah

Pemenang ASR 2019 pada malam  Anugerah Syariah Republika 2019 di Hotel JW Mariott Jakarta, Selasa (19/11).
Foto: Republika/Putra M Akbar
Pemenang ASR 2019 pada malam Anugerah Syariah Republika 2019 di Hotel JW Mariott Jakarta, Selasa (19/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Republika kembali menggelar Anugerah Syariah Republika (ASR) 2019, Selasa (19/11), di Jakarta. ASR merupakan penghargaan tertinggi kepada institusi dan industri keuangan syariah dari perbankan, keuangan nonperbankan, asuransi, financial technology (fintech), multifinance, lembaga filantropi, tujuan wisata halal (ramah Muslim) terfavorit, hingga tokoh ekonomi syariah.

Ketua Pelaksana ASR 2019, Elba Damhuri, mengatakan tema ASR tahun ini ialah 'Industri Syariah untuk Kebangkitan Perekonomian Umat'. Pemerintah saat ini tengah gencar mendorong pengembangan industri syariah. Tak hanya sektor keuangan, pemerintah juga mendorong terciptanya industri syariah yang solid melalui pariwisata.

"Dilaksanakannya ASR 2019 diharapkan dapat menjadi pemicu pelaku usaha untuk lebih gencar mengembangkan industri syariah Tanah Air," ujar Elba, Selasa (19/11).

Industri syariah berperan penting dalam menggerakkan perekonomian masyarakat dan negara secara umum. Karena itu, industri syariah sudah selayaknya mendapatkan penghormatan dan penghargaan atas perannya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan rakyat, dan mengikis jurang kesenjangan sosial dan ekonomi.

Kriteria penilaian berbasiskan data kuantitatif berupa catatan kinerja industri selama 2018 dan semester I tahun berjalan. Selain kuantitatif, penilaian juga berdasarkan indikator kualitatif seperti pelayanan dan pandangan publik/konsumen.

Penilaian ketiga didasarkan inovasi yang telah dilakukan. Apa saja terobosan yang sudah dilakukan yang bisa dilihat dari produk-produk yang dimiliki dan kegiatan-kegiatan yang digelar.

Penilaian keempat, Republika memasukkan unsur edukasi dan sosialisasi, apakah industri keuangan syariah di Tanah Air gencar melakukan sosialisasi dan edukasi, mengajak masyarakat tahu, paham, dan akhirnya menjadi nasabah mereka.

Untuk tokoh ekonomi syariah, ASR 2019 memberikannya kepada dua bagian, yaitu tokoh syariah dan kepala daerah terinovatif. Orang-orang ini terpilih karena tidak hanya memiliki kiprah nyata di masing-masing bidang, namun juga memberikan dampak yang besar di masyarakat dan bangsa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement