Kamis 31 Oct 2019 16:01 WIB

Usai Bertemu Erick, CT Tekankan Pentingnya Kerja sama BUMN

CT menilai kerja sama antara BUMN-swasta akan mendorong percepatan perekonomian.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
Mantan Menko Perekonomian Chairul Tanjung tiba di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (31/10).
Foto: Republika/Muhammad Nursyamsi
Mantan Menko Perekonomian Chairul Tanjung tiba di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (31/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bos CT Corp Chairul Tanjung (CT) menaruh harapan kepada Menteri BUMN Erick Thohir dalam memajukan perekonomian Indonesia lewat sektor BUMN. Menurut CT, pembangunan ekonomi harus dilakukan bersama, termasuk menguatkan sinergitas BUMN dengan swasta.

"Ekonomi Indonesia harus dibangun bersama-sama, tidak bisa dibangun BUMN saja tapi dibangun oleh BUMN bersama swasta dan unsur-unsur lain yang ada di Indonesia," ujar CT usai bertemu Erick di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (31/10).

Baca Juga

CT menilai kerja sama yang baik antara BUMN dengan swasta akan mendorong percepatan perekonomian bangsa ke depan. "Kalau jadi satu kesatuan inilah yang disebut Indonesia incorporated dengan begini inilah yabg bisa membuat kita lebih cepat maju dan berkembang," lanjut CT.

CT berpandangan penguatan sinergitas BUMN dengan swasta teramat penting mengingat Indonesia kini menghadapi masalah besar lantaran kondisi situasi global yang sedang tidak baik. "Kalau nggak kompak bersama ya susah, kompak aja belum tentu menang, apalagi nggak kompak," ucap CT.

CT menyampaikan, sebagai agen pembangunan, BUMN memang memiliki kewajiban meraih keuntungan agar bisa berkontribusi untuk negara, namun di sisi lain, lanjut CT, BUMN memiliki fungsi untuk mengembangkan potensi yang belum dimaksimalkan

"Mengembangkan juga situasi ekonomi yang ada, sebagai public service obligation, banyak hal yang menjadi fungsi BUMN. Selama ini hanya sinergi bumn, sekarang sinergi diperbesar jadi sinergi Indonesia," kata CT.

Selain kekompakan, lanjut CT, BUMN dan swasta dituntut memiliki tata kelola yang baik dan memegang prinsip profesionalitas dalam mengelola badan usaha. "Kita nggak ada kesulitan selagi visinya sama. Ekspektasi BUMN di bawah kepemimpinan beliau lebih profesioanal lagi, lebih maju lagi dan bisa lebih kontribusi bangsa dan negara," kata CT menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement