Rabu 04 Sep 2019 13:46 WIB

Menteri ESDM Minta Pertamina Tingkatkan Kegiatan Eksplorasi

Pertamina jangan hanya menunggu blok migas yang jatuh tempo

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Nidia Zuraya
Ladang Migas
Foto: Antara//Zabur Karuru
Ladang Migas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mendorong Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) melakukan eksplorasi minyak dan gas bumi (migas) lebih baik dan maksimal ke depan, termasuk Pertamina.

"Pertamina sendiri harus mempunyai semangat. Harus melakukan eksplorasi dengan sungguh-sungguh," ujar Jonan usai membuka Konvensi dan Pameran Indonesia Petroleum Association (IPA) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (4/9).

Baca Juga

Menurut Jonan, Pertamina jangan sekadar menunggu blok migas yang jatuh tempo dan diteruskan oleh Pertamina. Meski hal tersebut, kata Jonan, tidak masalah, namun Jonan ingin Pertamina melakukan eksplorasi sendiri yang lebih gencar.

"Kalau di hulu mugas, kalau Anda mau bikin terobosan yang besar, mau ekspansi yang besar di bisnis itu, harus melakukan eksplorasi sendiri," kata Jonan.

Jonan berpandangan, Pertamina bisa terus berkembang hingga mengembangkan bisnisnya ke luar negeri asalkan mampu melakukan eksplorasi secara mandiri dan meningkatkan kualitas kinerja perusahaan.

"Ya kalau (Pertamina) bisa ekspansi (ke luar negeri) lebih bagus," ucap Jonan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement