Senin 12 Aug 2019 06:48 WIB

BWI: Pemda akan Menjadi Endorser Produk Waqf Linked Sukuk

Pemda Riau tertarik pada pola instrumen wakaf dalam bentuk Waqf Linked Sukuk

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nidia Zuraya
Badan Wakaf Indonesia
Badan Wakaf Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Wakaf Indonesia (BWI) menyambut baik berbagai calon investor Waqf Linked Sukuk (WLS) termasuk pemerintah daerah. Wakil Ketua BWI, Imam T Saptono menyampaikan BWI sudah bertemu dengan Pemerintah Daerah Riau.

Menurutnya, Pemda Riau tertarik pada pola instrumen wakaf dalam bentuk WLS. Mereka juga berharap bila penerima manfaat dari kupon WLS tersebut dan aset negara yang dibangun dengan pokok WLS dapat berada di provinsi Riau.

Baca Juga

"Untuk harapan yang pertama BWI memiliki niat untuk memenuhinya, tinggal proyek wakaf apa, nadzir mana dan kompetensi serta kapasitas yang dimiliki nadzir harus sesuai dengan jenis asetnya," kata Imam kepada Republika akhir pekan kemarin.

Adapun dengan ekspektasi yang kedua tentang harapan aset negara yang dibangun ada di Riau, itu merupakan domain pemerintah. Imam menambahkan jika harapan Pemda Riau dapat terpenuhi maka akan banyak Pemda lain yang juga berminat pada WLS.

Ia mengatakan keterlibatan Pemda sejauh ini hanya sebagai endorser. Adapun program mauquf alaih yang mengerjakannya adalah lembaga nadzir yang belum tentu Pemerintah.

"Penggunaan pokoknya sepenuhnya ada di Kemenkeu, namun tetap kunci prudentiality terletak di tangan nadzir," kata Imam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement