Kamis 04 Jul 2019 20:00 WIB

Tahun Ini Air Asia Fokus Kembangkan Rute Domestik

Tahun ini maka Air Asia akan memiliki 29 pesawat.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Andi Nur Aminah
Sejumlah pramugari melintas dekat pesawat AirAsia dengan desain bertemakan Lombok usai peresmian hub baru AirAsia di Lombok International Airport (LIA) di Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (2/5/2019).
Foto: Antara/Ahmad Subaidi
Sejumlah pramugari melintas dekat pesawat AirAsia dengan desain bertemakan Lombok usai peresmian hub baru AirAsia di Lombok International Airport (LIA) di Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (2/5/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –- CEO Air Asia Indonesia Dendy Kurniawan mengatakan tahun ini akan fokus mengembangkan rute domestik. Hal tersebut didukung dengan adanya penambahan lima pesawat yang akan dilakukan tahun ini.

Dengan adanya penambahan pesawat tersebut pada tahun ini maka Air Asia akan memiliki 29 pesawat. “Kalau 29 pesawat pun nanti banyak rute-rute domestik menarik,” kata Dendy di Jakarta, Kamis (4/7).

Baca Juga

Hanya saja, Dendy menegaskan belum bisa mengungkapkan rute domestik mana lagi yang akan ditambah. Dia maengatakan sangat tertarik untuk membuka rute domestik ke Indonesia bagian timur.

Dendy juga menyambut baik jika pemerintah mempersilakan Air Asia untuk memperluas rute domestiknya. “Kami selalu melihat momentum yang ada, kebetulan pemerintah sekarang menggalakan maskapai berbiaya hemat (LCC), ya kita segera geraklah membangun itu,” ujar Dendy.

Setelah semua pesawat baru datang tahun ini, Dendy memastikan akan menambah rute domestik baru. Dia menegaskan Air Asia saat ini masih memproses perizinan kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Nanti begitu sudah ada izin rute efektif, biasanya kita langsung jualan. Kan begitu kita ajukan izinnya dan sudah keluar baru bisa kita jualan. Misal jualan sekarang, terbangnya misal dua bulan lagilah,” ungkap Dendy.

Sebelumnya, Air Asia sudah meluncurkan lima rute domestik baru yakni Jakarta-Lombok dengan frekuensi 11 kali sepekan, Bali-Lombok dengan frekuensi tujuh kali sepekan, Yogyakarta Kulon Progo-Lombok dengan frekuensi tiga kali sepekan. Selanjutnya Bali-Labuan Bajo dengan frekuensi tujuh kali sepekan, dan Surabaya-Kertajati dengan frekuensi tiga kali sepekan. "Kelima rute baru tersebut akan mulai beroperasi pada 1 Agustus 2019," tutur Dendy.

Dendy menambahkan Air Asia juga akan memberikan harga tiket promo dalam rangka peluncuran rute-rute baru tersebut. Harga promo akan ditawarkan antara lain Jakarta-Lombok mulai Rp 635 ribu (sekali jalan), Bali-Lombok mulai Rp 243 ribu (sekali jalan), dan Surabaya-Kertajati mulai Rp 626 ribu (sekali jalan).

"Pemesanan dapat dilakukan melalui airasia.com atau aplikasi AirAsia mulai hari ini (24/6) hingga 30 Juni 2019, untuk terbang mulai 1 Agustus sampai 26 Oktober 2019. Tiket penerbangan domestik AirAsia sudah termasuk bagasi gratis 15 kilogram," ungkap Dendy. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement