Selasa 28 May 2019 07:00 WIB

Selama Libur Lebaran, Bank BJB Siapkan Dana Rp 9,17 Triliun

BJB akan tetap membuka kegiatan operasional pada 1-7 Juni 2019

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Bank Jabar
Foto: Wildan Hidayat/Rep
Bank Jabar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT Bank Jabar Banten (Tbk) atau BJB menyiapkan dana likuiditas sekitar Rp 9,17 triliun, yang akan didistribusikan ke seluruh jaringan kantor bank BJB di seluruh Indonesia. Jumlah dana tersebut telah disesuaikan dengan proyeksi kebutuhan selama Ramadan dan Idul Fitri 1440 H, yang dikeluarkan untuk kebutuhan operasional.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary BJB, M As’adi Budiman distribusi dana likuiditas dilakukan guna menunjang kebutuhan uang masyarakat yang diprediksi mengalami kenaikan dari segi volume transaksi maupun pengambilan uang tunai. Distribusi likuiditas dilakukan secara bertahap dan berfokus pada kota tujuan mudik.

Baca Juga

“Untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan uang selama lebaran ini, BJB telah mempersiapkan dana likuiditas yang disebarkan di seluruh jaringan kantor BJB. Kami berharap masyarakat bisa memanfaatkan semaksimal mungkin dana yang siap dicairkan untuk memenuhi kebutuhan lebaran,” ujarnya dalam keterangan tulis yang diterima Republika, Senin (27/5).

Selain itu, BJB bekerja sama dengan KPw Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat telah menunjuk Kantor Cabang Pembantu (KCP) PEMKOT Bandung secara khusus melayani penukaran uang. Sementara untuk wilayah Jakarta dan Tangerang, Kantor Cabang yang ditunjuk secara khusus adalah Kantor Cabang (KC) Daan Mogot, KC. Gajah Mada, KC. Hasyim Ashari, Kantor Cabang Khusus (KCK) Jakarta, KC Kebayoran Baru, KC Rasuna Said, KC Rawamangun, KC S Parman, KC Saharjo dan KC Tangerang Selatan.

Sebagai bank sentral, BI akan menggandeng sejumlah bank, termasuk BJB dalam menyiapkan layanan penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK) melalui mobil layanan kas untuk wilayah Bandung dan Jakarta. Mobil Layanan Kas ini dapat ditemui di Lapangan IRTI Monas pada 13-29 Mei 2019, Monumen Perjuangan Bandung 21 dan 23 Mei 2019, Halaman Parkir Balaikota Bandung 28 Mei 2019 dan Asia Afrika (Jl DR Ir Sukarno) 29 Mei 2019. Kegiatan penukaran uang juga dilaksanakan di semua kantor cabang BJB yang tersebar di seluruh Indonesia. Layanan ini juga sejalan dengan upaya pihak regulator dalam hal clean money policy dan mencegah peredaran uang palsu.

Untuk menyesuaikan layanan selama Ramadan dan menjelang Idulfitri 1440 H, BJB akan tetap membuka kegiatan operasional di luar hari kerja operasional pada 1, 2, 3, 4 dan 7 Juni 2019. Cakupan pelayanan yang dilakukan yakni untuk transaksi setor tunai, tarik tunai, angsuran kredit dan customer request.

Tak hanya melalui transaksi operasional, nasabah bisa menggunakan layanan non operasional kantor dengan e-channel seperti bjb ATM, bjb NET, bjb SMS, bjb EDC (bjb DIGI). Para nasabah juga bisa menikmati layanan transaksi konvensional melalui ribuan jaringan ATM bank bjb. ATM bank bjb, tersebar di wilayah strategis Indonesia serta seluruh jaringan ATM Bersama dan Jaringan PRIMA yang tersebar di Indonesia.

“Seluruh layanan e-channel ini menyediakan sarana yang memungkinkan nasabah bertransaksi untuk berbagai keperluan, berupa informasi rekening, transfer, pembayaran air, telepon, kartu kredit, televisi berlangganan, internet, isi ulang pulsa dan layanan perbankan lainnya. Layanan ini memberikan kenyamanan dan keamanan kepada nasabah terutama yang melaksanakan mudik lebaran,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement