Rabu 22 May 2019 14:56 WIB

Medco Resmi Akuisisi Ophir Energy

Harga akuisisi Ophir Energy oleh Medco ini terbilang mahal

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Medco Energy
Medco Energy

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Medco Energi Internasional Tbk hari ini, Rabu (22/5), mengumumkan keberhasilan penyelesaian akuisisi Ophir Energy plc terhadap seluruh penawaran tunai yang direkomendasikan. Nilai akuisisi tersebut mencapai 408,4 juta euro.

Presiden Direktur Medco Energi, Hilmi Panigoro menjelaskan Aset Ophir sangat melengkapi portofolio Medco Energi yang ada dan gabungan bisnis ini menjadikan perseroan sebagai pelaku usaha minyak dan gas regional yang terkemuka di Asia Tenggara.

Baca Juga

Ia juga menambahkan akuisisi Ophir ini akan meningkatkan performa produksi perseroan tahun 2019 sebesar 29 persen yakni 110 mboepd, dan gabungan cadangan 2P dan sumber daya 2C naik sebesar 86 persen menjadi 1.439 mmboe.

"Kami senang telah berhasil menyelesaikan akuisisi Ophir, yang menjadikan MedcoEnergi sebagai perusahaan minyak dan gas terkemuka di Asia Tenggara. Akuisisi ini memperkuat lagi strategi Perseroan yang memperluas kehadiran Medco Energi secara selektif dan kami yakin hal ini akan menciptakan nilai bagi semua pemangku kepentingan kami." ujar Hilmi melalui keterangan tertulisnya, Rabu (22/5).

Sebelumnya, akuisisi perusahaan energi berbasis di London, Inggris ini ditargetkan diselesaikan di akhir kuartal kedua tahun ini. Medco memiliki tenggat waktu sampai dengan 20 Juni 2019.

Harga akuisisi ini terbilang premium sebab 73,2 persen di atas harga penutupan saham Ophir pada perdagangan 28 Desember 2018 di 33,20 pence/saham.

Kedua perusahaan akhirnya sepakat dengan harga tersebut yang membuat Medco dapat menguasai seluruh saham Ophir dan 18,73 persen saham baru yang akan diterbitkan pada 19 Maret lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement