Rabu 09 Dec 2020 09:32 WIB

Medco Incar Blok Rokan?

Peluang Medco menjadi mitra Pertamina dalam pengelolaan Blok Rokan terbuka.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Blok Rokan, Riau
Foto: migas.bisbak.com
Blok Rokan, Riau

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Medco Energi Internasional mengaku masih melakukan kajian untuk masuk ke Blok Rokan. Direktur Utama Medco Energi, Hilmi Panigoro mengungkapkan kemitraan dalam bisnis hulu migas masih menjadi salah satu strategi yang akan dijalankan perusahaan,  termasuk dalam ekspansi bisnis.

Ia pun mengakui peluang Medco menjadi mitra Pertamina dalam pengelolaan Blok Rokan terbuka. Dia menuturkan dalam strategi pengembangan bisnis Medco setiap ada peluang di pasar pasti akan langsung dijajaki.

Baca Juga

Oleh karena itu mengenai peluang masuk Blok Rokan akan dilihat terlebih dulu dari sisi keekonomian. Serta apakah keterlibatan Medco akan berdampak positif terhadap pengembangan bisnis hulu migas perusahaan.

“Untuk menjawab pertanyaan soal Rokan, pasti kami kejar. Harus provided terms condition dan harganya cocok. We have to make sure yang kami beli ini sifatnya atraktif, memberikan pertumbuhan dan memperkuat structure capital,” kata Hilmi, Selasa (8/12).

Hilmi mengatakan Medco tetap terbuka dalam akuisisi dan ekspansi bisnis hulu ditenah ketidakpastian seperti sekarang karena bisnis hulu migas tetap akan jadi salah satu lini bisnis utama Medco dalam beberapa tahun kedepan.

Salah satu faktor kebijakan akuisisi misalnya berdasarkan pada posisi harga minyak. Menurut Hilmi, untuk berekspansi dengan harga minyak seperti sekarang memang tidak terlalu buruk.

“Rule of thumb-nya. kalau harga minyak lagi tinggi, kami banyak excess cash kami eksplroasi lebih banyak. Kalau harga minyak lagi rendah, banyak barang bagus yang harganya realistis, kita banyak akuisisi.  Sekarang ini harganya relatif rendah agak tinggi, jadi dua duanya kita kerjakan,” jelas Hilmi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement