Selasa 09 Apr 2019 15:53 WIB

Jonan Resmikan 3 Gardu Induk dan SUTT di Aceh

GI dan SUTT ini mampu menghemat Rp 265 milar per tahun.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Dwi Murdaningsih
Gardu Induk Muara Tawar: Petugas memeriksa instalasi listrik di Gardu Induk Muara Tawar, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (5/3/2019).
Foto: Antara/Risky Andrianto
Gardu Induk Muara Tawar: Petugas memeriksa instalasi listrik di Gardu Induk Muara Tawar, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (5/3/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meresmikan beroperasinya 3 gardu induk (GI) dan SUTT (Saluran Udara Tegangan Tinggi) yang ada  Provinsi Aceh. Beroperasinya GI dan SUTT ini dapat meningkatkan kapasitas penyediaan energi listrik untuk Provinsi Aceh khususnya Aceh Tengah dan Bener Meriah.

Dampak positif dengan beroperasinya GI & SUTT ini juga berpotensi untuk penghematan perusahaan sebesar 265,5 miliar pertahun. Peresmian Proyek Kelistrikan di Provinsi Aceh tersebut dipusatkan di GI 150 kV Takengon, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam.

Baca Juga

"Kami harap peresmian ini bisa mendukung pertumbuhan perekonomian Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah melalui kehandalan sistem kelistrikan dan suplai yang mencukupi" Ungkap Menteri ESDM Ignasius Jonan.

Jonan menambahkan khusus GI 150 kV Takengon dan SUTT 150 kV Takengon - Bireuen merupakan GI dan SUTT pertama di Aceh Bagian Tengah dengan kapasitas 30 MVA.

Direktur Bisnis Regional Sumatra Wiluyo Kusdwiharto memastikan bahwa percepatan yang dilakukan PLN dalam pembangunan kelistrikan diharapkan bisa menarik investor untuk datang dan memanfaatkan energi listrik yang tersedia.

Dirinya menambahkan setelah terkoneksi dengan sistem 150 kV Sumatra Bagian Utara yang menjadi salah satu sumber suplai utama untuk permintaan energi listrik di Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah, tentu saja hal ini akan meningkatkan kehandalan suplai energi di lokasi tersebut.

"Sistem andal dan PLN bisa menghemat hingga 265,5 Milyar Pertahun. Hal ini tidak lepas dari bantuan semua pihak, mulai dari warga, stakeholder dan pemerintah Provinsi Aceh, serta kerja keras dan cerdas teman-teman PLN" ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement