Ahad 07 Apr 2019 07:06 WIB

Kemenhub Rencanakan Pembangunan Bandara di Lahat Sumsel

Kemenhub masih menunggu komitmen dari Pemkab Lahat untuk penyediaan lahan bandara

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Menhub Budi Karya Sumadi
Foto: Republika/ Maman Sudiaman
Menhub Budi Karya Sumadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) saat ini tengah merencanakan pembangunan bandara di Kabupaten Lahat, Sumatra Selatan (Sumsel). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan pihaknya tengah mengkoordinasikan rencana pembangunan bandara tersebut.

"Yang saya koordinasikan antara lain rencana pembangunan bandara di Lahat dan jalan tol dari Lahat sampai Bengkulu," kata Budi, Sabtu (6/4).

Baca Juga

Dia menjelaskan potensi sumber daya energi yang ada di Kabupaten Lahat menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan pembangunan bandara dan jalan tol tersebut. Untuk itu, koordinasi perlu dilakukan terutama dari segi infrastruktur agar potensi tersebut dapat meningkat.

"Kita ketahui bersama Lahat merupakan sumber energinya Sumatera Selatan maupun nasional, Lahat terkenal akan sumber energinya yaitu batu bara," ujar Budi.

Mengenai pembangunan bandara tersebut, Budi memastikan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih menunggu komitmen dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat. Terutama dalam hal menyediakan lahan bagi pembangunan bandara tersebut.

Budi mengatakan jika lahan sudah tersedia maka selanjutnya Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub akan melakukan berbagai kajian kelayakan terhadap lahan tersebut. "Ada inisiatif (dari Pemkab dan masyarakat) untuk membangun bandara, saya terima usulannya dan akan kita pelajari. Jika memenuhi syarat, kita akan segera bangun, supaya potensi yang ada di Lahat dapat berkembang dengan baik," jelas Budi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement