Kamis 28 Mar 2019 19:13 WIB

Kadin Harap Beauty Contest Jadi Pola Proyek Infrastruktur

Pola beauty contest akan dapat membuka pasar bagi kalangan swasta

Seorang pekerja di sebuah proyek infrastruktur
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Seorang pekerja di sebuah proyek infrastruktur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia berharap pemilihan mitra bisnis melalui beauty contest bisa menjadi pola dalam proyek pembangunan infrastruktur. Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pariwisata Kosmian Pudjiadi menilai pola lelang beauty contest memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan dengan pola lelang yang digunakan saat ini.

"Untuk presiden yang akan datang, siapa pun nanti yang terpilih, kami imbau pembangunan infrastruktur sekarang itu tender berdasarkan lowest price (harga terendah). Beberapa negara lain itu sudah ditinggalkan, tendernya pakai beauty contest," katanya dalam diskusi mengenai pembangunan infrastruktur di Jakarta, Kamis (28/3).

Baca Juga

Menurut Kosmian, lelang dengan pertimbangan harga terendah merupakan peninggalan era penjajahan yang sarat korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Mutu pembangunan juga cenderung banyak dipangkas, demikian pula teknologi yang tidak berkembang dalam sistem lelang tersebut.

"Jadi tendernya beauty contest. Pemerintah menetapkan harga dari konsultan, mereka (dunia usaha) mengajukan teknologi dan lainnya. Ini yang diutamakan. KKN akan sedikit sekali karena terbuka mulai dari harga, teknologi, pendanaan, jaminan hingga lamanya proses (proyek)," terangnya.

Kosmian menyebut pola beauty contest akan dapat membuka pasar bagi kalangan swasta yang selama ini selalu merasa tersisih dalam pembangunan infrastruktur. Pasalnya, BUMN dianggap terlalu banyak mengambil peran dalam pembangunan infrastruktur.

"Jadi imbauan kami, tetap bangun infrastruktur tapi pembangunannya melalui beauty contest. BUMN seharusnya hanya lakukan proyek yang tidak diambil swasta karena tidak feasible. Jadi swasta bisa adu teknologi dan lainnya," tuturnya.

Dunia usaha sendiri, lanjut Kosmian, mengapreasiasi pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan pemerintahan Jokowi-JK.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement