Selasa 26 Mar 2019 10:22 WIB

Harga Bawang Merah Rp 40 Ribu/Kg, Pusat Diminta Turun Tangan

Harga bawang merah di pasar tradisional telah mencapai Rp 40 ribu per kilogram.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Reiny Dwinanda
Bawang merah. (Ilustrasi)
Foto: Republika/ Wihdan
Bawang merah. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG- Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bandung, Jawa Barat meminta pemerintah pusat turun tangan menghadapi harga bawang merah yang terus merangkak naik. Meski rata-rata harga per kilogram naik menjadi Rp 37 hingga 38 ribu, namun di beberapa pasar tradisional mencapai Rp 40 ribu.

Kepala Distan Kabupaten Bandung, Tisna Umaran, mengungkapkan sejak satu bulan terakhir harga bawang merah naik signifikan. Hal itu dianggap menguntungkan petani dan para pedagang.

Baca Juga

"Kemarin-kemarin harga Rp 11 ribu dan 12 ribu per kilogram terus merangkak naik dan sekarang di pedagang sekitar Rp 37 ribu sampai 38 ribu. Kata saya mah nyambung antara pedagang dan petani (untung)," ujarnya, Selasa (26/3).

Meski begitu, Tisna mengungkapkan, ketika harga bawang merah sudah mencapai Rp 40 ribu ke atas di beberapa pasar tradisional maka hal itu harus segera diantisipasi. Oleh karena itu, pihaknya akan berusaha menjaga harga dan meminta pemerintah pusat turun tangan.

"Kalau harga naik maka harus diantisipasi, kalau harga turun berlakukan harga pemerintah dan dibeli pemerintah," ungkapnya.

Menurut Tisna, diperkirakan harga yang terus naik tidak akan berlangsung lama, terutama di Kabupaten Bandung. Ia mengatakan, beberapa tempat sudah mulai panen.

"Kasihan konsumen kalau naik terus. Kayanya kenaikan gak akan lama kalau lihat perspektif Kabupaten Bandung. Kalau diluar daerah gak tahu," katanya.

Dia mengatakan suplai terbesar bawang merah berasal dari Brebes sehingga apapun kondisi di sana berpengaruh terhadap harga di Kabupaten Bandung.Sebelumnya, komoditas bawang merah di Pasar Sayati Indah, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung mengalami kenaikan harga tiga hari terakhir sebesar Rp 40 ribu perkilogram.

"Kami sebagai pedagang tidak tahu penyebab kenaikannya," ujar Enang Permana, pedagang sayuran di Pasar Sayati Indah kepada Republika.co.id, Senin.

Kenaikan harga bawang merah, menurut Enang, terjadi tiga hari terakhir dan sangat mendadak. Bahkan, kenaikannya dua kali lipat dari harga biasanya. Dia mengungkapkan, harga komoditas bawang merah saat ini di pasar induk Caringin, Kota Bandung hanya sebesar Rp 22 ribu per kilogram.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement