Rabu 16 Jan 2019 20:48 WIB

Citilink Sediakan Wifi Gratis dalam Penerbangan

Citilink gandeng PT Mahata Aero Teknologi untuk sediakan Wifi gratis

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo memberikan sambutan saat peluncuran fasilitas wifi pada pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Tanggerang, Banten ,Rabu (16/1).
Foto: Republika/Prayogi
Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo memberikan sambutan saat peluncuran fasilitas wifi pada pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Tanggerang, Banten ,Rabu (16/1).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Penumpang maskapai berbiaya hemat Citilink Indonesia saat ini sudah bisa menikmati Wi-Fi gratis selama terbang di dalam pesawat. Meski belum semua pesawat Citilink memiliki layanan tersebut, namun satu pesawat sudah diterapkan.

Pesawat dengan nomor registrasi QG 684 dengan rute Jakarta-Denpasar merupakan perjalanan yang sudah memiliki fasilitas tersebut. Rabu (16/1) menjadi perjalanan perdana QG 684 dengan memberikan layanan Wi-Fi di ketinggian 35 ribu kaki. 

Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo mengatakan dalam menyediakan koneksi Wi-Fi gratis tersebut bekerja sama dengan PT Mahata Aero Teknologi. "Ini difasilitasi oleh Immarsat sebagai satelit dan Lufthansa technik untuk software dan hardware," kata Juliandra di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (16/1). 

Selain itu,  pemasangan  Wi-Fi tersebut dilakukan oleh Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tbk. Dengan begitu menurut Juliandra, Citilink menjadi maskapai berbiaya hemat pertama di Asia Pasifik yang memberikan layanan Wi-Fi gratis dengan GX System Aviation.

“Fasilitas wifi gratis yang disediakan oleh Citilink Indonesia diharapkan dapat mendukung peningkatan ekonomi digital Indonesia,” tutur Juliandra.

Secara umum, Juliandra menegaskan penyediaan  Wi-Fi gratis tersebut merupakan salah satu upaya Citilink Indonesia sebagai digital airline. Dengan begitu, kata dia, Citilink dapat menjadi penghubung dalam berinteraksi berbasis digital bagi penduduk Indonesia dari Sabang sampai Merauke. 

Juliandra menegaskan nantinya seluruh armada pesawat yang dimiliki Citilink akan memiliki layanan tersebut secara bertahap. "Nantinya akan melengkapi 50 armada kita yang koneksinya akan dilengkapi dengan  Wi-Fi," ujar Juliandra. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement