Selasa 18 Dec 2018 23:24 WIB

Bank Mandiri dan JCB Terbitkan Kartu Kredit Precious

Kerja sama dengan JCB dilatarbelakangi tingginya jumlah pelancong Indonesia ke Jepang

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Gita Amanda
Signing Ceremony License Agreement Card Issuing Project PT Bank Mandiri Tbk dan PT JCB International Indonesia, Jakarta, Jumat (20/5).  (Republika/ Yasin Habibi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Signing Ceremony License Agreement Card Issuing Project PT Bank Mandiri Tbk dan PT JCB International Indonesia, Jakarta, Jumat (20/5). (Republika/ Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Mandiri Persero (Tbk) (Bank Mandiri) dan PT JCB International Indonesia menerbitkan Mandiri kartu kredit JCB Precious, Selasa (18/12). Kartu Kredit tersebut menyasar segmen premium terutama penggemar belanja online dan bepergian.

Direktur Retail Banking Bank Mandiri Donsuwan Simatupang mengatakan kerja sama dengan JCB dilatarbelakangi oleh tingginya jumlah pelancong asal Indonesia ke Jepang. Jumlahnya terus meningkat setiap tahun.

Donsuwan mengatakan kolaborasi ini sangat strategis karena dapat memperkuat basis nasabah. Ia menargetkan 50 ribu kartu kredit JCB Precious pada 2019 dengan nilai transaksi Rp 500 miliar. Mandiri sedang fokus bisnis perusahaan untuk memperkuat pangsa pasar di segmen ritel.

Per bulan November 2018, jumlah Mandiri kartu kredit yang telah diterbitkan dan aktif mencapai lebih dari dua juta kartu dengan nilai Rp 11 triliun. Pertumbuhan nilai transaksi sebesar 10 persen dibandingan periode yang sama tahun sebelumnya. Dari jumlah tersebut, 10 persen di antaranya berasal dari transaksi internasional.

President & COO JCB International Co. Ltd Kimihisa Imada juga menggarisbawahi tingginya minat wisatawan Indonesia pergi ke Jepang. "Tahun lalu jumlahnya 350 ribu orang naik terus 20 persen per tahun," katanya.

Sementara pelancong Jepang ke Indonesia tahun ini mencapai hampir satu juta orang. Padahal sekitar 3-4 tahun lalu jumlahnya sekitar 400 ribu orang. Imada percaya pada pertumbuhan ekonomi Indonesia yang akan terus meningkat sehingga optimistis pada produk baru ini.

Mandiri kartu kredit Precious menawarkan promo diskon saat berbelanja online. Selain itu, memberikan fasilitas tanpa biaya berupa akses Wifi.id di seluruh Indonesia, premi asuransi untuk perlindungan transaksi online serta bonus e-voucher Blibli.com senilai Rp 250 ribu untuk nasabah baru.

"Target pasar kartu kredit juga adalah pelancong, berbagai macam layanan yang disediakan oleh JCB, terutama layanan premium dalam perjalanan seperti fasilitas airport lounge di Jepang, China, Hong Kong, Singapura, Korea dan Thailand," kata Imada.

Selain itu JCB juga menyediakan JCB PLAZA dan JCB PLAZA Lounge di beberapa destinasi terkemuka di dunia. JCB PLAZA Tokyo dan JCB PLAZA Kyoto menyediakan layanan seperti melakukan reservasi dan informasi destinasi wisata.

JCB PLAZA Lounge menawarkan layanan lounge eksklusif dengan Bahasa Jepang dan bahasa lokal untuk pemegang kartu JCB di delapan tujuan wisata terkemuka di dunia. Di antaranya Seoul, Singapura, Bangkok, Taipei, Hong Kong, Honolulu, Guam dan Paris.

Donsuwan mengatakan ke depannya, mereka akan menggandeng kerja sama paket travel dengan Garuda Indonesia. Sejauh ini, pemegang kartu akan mendapat penawaran di lebih dari 10 ribu outlet serta 2x Mandiri Fiestapoin untuk semua transaksi di dalam negeri.

JCB juga memberikan lebih dari 3.000 penawaran menarik dan diskon di berbagai restoran dan toko di seluruh dunia. Sebagai tambahan, pemegang Mandiri kartu kredit Precious dapat mengumpulkan Mandiri Fiestapoin 3x lebih banyak untuk semua transaksi internasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement